NIKMATI LAYANAN TRAVEL PRIBADI, BOOKING DAN CETAK SENDIRI TIKETNYA

BIRO TIKET PESAWAT ONLINE

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA

Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online

Rekan Netter ...

Prospek Bisnis online di bidang penjualan tiket pesawat masih sangat besar peluangnya, selama perusahaan penerbangan masih ada dan dunia pariwisata terus berkembang, bisnis tiket tiket pesawat masih layak untuk dipertimbangkan, hal yang perlu diperhatikan adalah menjamurnya pusat penjualan tiket dimana – mana, sehingga daya saing semakin tinggi, perlu suatu terobosan yang inovatif agar tetap bersaing sehat. Ini lah yang menjadi pertimbangan birotiket.com sehingga membuka peluang bisnis online menjadi biro tiket pesawat secara online dengan modal sedikit tetapi hasil yang sangat luar biasa..



KEUNTUNGAN APA SAJA YANG AKAN ANDA DAPATKAN ?

1. Proses reservasi / booking bisa dilakukan darimana saja dan kapan saja di seluruh wilayah Indonesia.

2. Data yang transparan langsung dari airline.

3. Proses reservasi langsung dilakukan dari sistem airline.

4. Anda bisa mencetak sendiri tiket anda dan penumpang anda bisa langsung terbang.

5. Pembayaran melalui transfer bank sehingga bisa lebih cepat dan akurat.

6. Anda bisa menjual kembali tiket tersebut kepada orang lain dengan harga pasar.

Selain beberapa keuntungan di atas, masih banyak lagi keuntungan yang akan anda dapatkan jika bergabung bersama kami, selengkapnya silahkan klik disini


BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA


Bergabung? silahkan klik disini


Jumat, 16 Desember 2011

9 Tips Melawan Jetlag

|0 komentar

Apakah anda termasuk orang yang sering harus "living on a jet plane?" saking sibuknya anda, anda terpaksa sering bepergian ke luar negeri, naik pesawat, melintasi berbagai zona waktu. Akibatnya sudah jelas sekali, jet lag, yang membuat anda gampang marah, grogi, dan yang paling berbahaya adalah gangguan tidur. Berikut adalah cara untuk membantu mengatasi hal tersebut.


1. AKLIMATISASI. 
Jika perjalanan anda lebih dari satu hari, coba melakukan aklimatisasi dengan cara mengikuti jadwal makan dan tidur di daerah tujuan anda, 3 hari sebelum keberangkatan. 3 hari sebelum kembali, lakukan aklimatisasi balik

2. TERBANG SEHARI LEBIH AWAL. 
Jika jadwal meeting anda adalah Senin, maka usahakan Sabtu malam, atau Minggu pagi, anda sudah tiba di tujuan. Hal ini sangat membantu waktu biologis anda, cara ini banyak dipakai dan banyak berhasil.

3. MINUM. 
Banyak minum air, hindari alkohol, kopi, teh, dan minuman berkafein pada saat penerbangan. Minuman-minuman tadi akan membuat anda dehidrasi dan mengacaukan jam biologis anda, sehingga malah memperbesar efek jet lag anda.

4. TERBANG DENGAN KELAS BISNIS ATAU UTAMA. 
Jika anda harus segera berangkat dan harus cepat2 meeting dan segera bertemu klien, dengan kata lain waktu aklimatisasi sangat terbatas, atau bahkan tidak ada, gunakan penerbangan yang membuat anda nyaman, sehingga anda bisa tidur dan membantu anda untuk beristirahat, sehingga pada saat anda sampai di tujuan, anda siap dan fokus.

5. MAKAN MAKANAN BERKARBOHIDRAT TINGGI. 
Makan pada malam sebelum anda berangkat. Karbohidrat akan memberikan otak sumber triptophan, semacam pembantu tidur bagi anda. Hal ini sangat membantu, terutama jika anda terbang ke arah barat.

6. SARAPAN EGG BENEDICT. 
Makanan berprotein tinggi pada saat sarapan di tempat tujuan, akan membantu otak anda semakin awas sepanjang hari.

7. BAWA ALAT OLAHRAGA ANDA. 
Kebanyakan hotel bagus menyediakan ruangan fitness dan kolam renang. Coba jadwalkan olahraga 30 menit di perjalanan. Anda akan merasa lebih baik dan mudah tidur.

8. HINDARI KELELAHAN OTAK. 
Hindari perjalanan panjang atau membuat keputusan penting dalam waktu 24 jam setelah kedatangan anda, karena jet lag akan membuat kemampuan berpikir dan bereaksi anda melemah.

9. GELAPKAN DAN DINGINKAN RUANGAN. 
Jendela kamar hotel anda memberi pemandangan indah. Tapi lebih baik anda pergunakan gorden untuk meredam cahaya di jam anda ingin tidur. Turunkan juga suhu ruangan. Cara ini akan membantu anda menipu jam biologis anda, dan akan membuat tubuh anda mau tidur.


Sumber : dari berbagai sumber.

 

Khabar Gembira ... Awal 2012 Mandala Siap Terbang

|0 komentar

Mandala Airlines diperkirakan akan siap beroperasi pada awal 2012. Ini menyusul berkas Air Operator Certificate  atau sertifikat operasi penerbangan sudah diterima oleh Kementerian Perhubungan.

Herry Bakti, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemhub), mengatakan, realisasi beroperasinya kembali Mandala tergantung dari kesiapan Mandala dalam mengurus perizinan. "Sekitar awal tahun depan, Mandala kemungkinan sudah bisa kembali beroperasi," kata Herry.

Sementara itu, Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara Diding Sunardi mengatakan, untuk pengurusan izin Air Operator Certificate (AOC) membutuhkan waktu sekitar 90 hari. Rencananya Mandala akan menggunakan pesawat Airbus A320.

Sebelumnya, Devin Wirawan, Investment Manager Saratoga Capital, mengatakan, pihaknya sudah menyiapkan 10 pesawat sesuai dengan ketentuan pemerintah yang mengacu pada Undang-Undang Penerbangan Nomor 1 Tahun 2009. "Pesawat akan datang secara bertahap," kata Devin.

Pascaberalihnya kepemilikan Mandala, maskapai baru ini akan menerapkan model bisnis Tiger Airways, yakni dengan menawarkan perjalanan biaya murah ke tujuan internasional dan domestik dalam jangkauan lima jam penerbangan.

Devin mengungkap akan menempuh strategi menekan biaya perusahaan dan mengalokasikan dana untuk promosi. Sementara penentuan rute penerbangan masih dalam tahap pembicaraan internal. "Yang jelas, untuk penerbangan internasional, salah satunya kita akan menyasar Singapura," kata Devin.

Dalam finalisasi kepemilikan saham, Saratoga memiliki saham mayoritas di Mandala sebesar 51 persen, sedangkan Tiger Airways akan memiliki saham sebesar 33 persen. Sisanya akan dimiliki oleh kreditor konkuren dan pemegang saham lama. 

(Kompas)


Maskapai Penerbangan Tawarkan Pasangan Lewat FB

|0 komentar

Maskapai penerbangan Belanda, KLM, mengembangkan alat yang membuat penumpangnya bisa memilih pasangan duduknya sendiri melalui akses Facebook dan LinkedIn. Bagaimana?

Layanan yang bernama 'meet and seat' ini memberi penumpang kemampuan untuk bisa mengakses jejaring sosial dan memilih pasangan untuk menemaninya duduk.

Gagasan utamanya adalah, KLM ingin penumpangnya bisa duduk dengan orang yang memiliki minat sama.

Penumpang juga bisa memilih pasangan duduknya berdasarkan penampilannya dan pekerjaannya. Bagi penumpang yang ingin sendiri dan tak menghiraukan sekitarnya, disediakan pilihan untuk tidak berbagi informasi pribadinya.

KLM bukan maskapai penerbangan pertama yang mendukung penggunaan media sosial secara kontroversi ini. Seperti Malayasia Airlines yang merilis layanan di Facebook yang membuat penumpangnya bisa memeriksa apakah ada temannya yang juga naik pesawat sama atau mengunjungi tujuan sama di waku bersamaan.

Selain itu, ada AirTroductions yang berhasil menjadi berita utama pada 2006 karena menawarkan layanan kencan online bagi penumpangnya. Namun, layanan ini kini telah dihentikan seperti dilaporkan DM.

(Inilah.com)


Re: DAFTAR PENERIMA KOMISI BIROTIKET per 15 Desember 2011

|0 komentar
NoTanggalUsername NamaBankDi Transfer
1.15-12-2011
18:47:42
mitratiketMitra Tour & Travel BRI-Pekalongan141,570.00
2. 15-12-2011
18:45:17
akhgieSugi Haryanto BRI - OTISTA100,478.00
3. 15-12-2011
18:44:56
antoni_tiraANTONIUS TIRABANK BRI BRITAMA-022 111,652.00
4.15-12-2011
18:44:34
eelbytravelEldo Fido NoyaBRI - Cab. Manokwari 113,523.00
5.15-12-2011
18:42:46
bowillsunar wibowoBRI cab kk AURI peka 112,080.00
6.15-12-2011
18:42:34
suarbawaGusti Ngurah Putu SuBRI Unit Lalundu Cab 142,040.00
7.15-12-2011
18:42:16
yusindo84Muhammad YusufBRI Sofifi117,946.00
8.15-12-2011
18:41:38
bamz23 bambang nurdiansyahBRI UNIT TAWAILI114,420.00
9.15-12-2011
18:41:30
asnantiket RAJA HASNANBRI UNIT PEMATANG RE772,409.00
10.15-12-2011
18:41:17
insantravel baharuddinBRI-TAMALANREA445,095.00
11.15-12-2011
17:54:42
chaluvantoeka agustina wulanda BCA Cab.monginsidi101,523.00
12. 15-12-2011
17:53:36
bernartdousbernartdous sugihart bank central asia131,670.00
13. 15-12-2011
17:52:34
dewimmDewi Puspita Sari BCA PURWOSARI169,818.00
14. 15-12-2011
17:51:31
antatiketANTA UTAMABCA Jakarta 100,641.00
15.15-12-2011
17:47:51
bisniskuMitra AndaBNI Cabang Bekasi 115,944.00
16.15-12-2011
17:44:02
birotiketbirotiketBCA - Cikande167,136.00
17.15-12-2011
17:42:07
bisnisbiasa Tasya D.S.BNI Cabang Bekasi243,640.00
18.15-12-2011
17:41:11
cagunja ADMINISTRATOR-01BNI Cabang Bekasi103,098.00
19.15-12-2011
17:37:21
mandiri tudi nuryantoMandiri Cabang Jakar108,620.00
20.15-12-2011
17:34:34
Aries Aris PurnomoMandiri103,281.00
21.15-12-2011
17:33:40
bismillaahNasruddin Pranastyo BCA Cabang Batam109,694.00
22. 15-12-2011
17:32:46
joinbtmuhammad maksum BCA KCP Purwosari139,721.00
23. 15-12-2011
17:31:48
marulymaruly hutagaolBCA Cabang Tebet Bar 164,208.00
24.15-12-2011
17:30:22
satryo83dwi satryoMandiri-majapahit se 100,278.00
25.15-12-2011
17:29:38
REIHAMTRAVELREIHAM RAMLIMANDIRI-PETTARANI166,837.00
26.15-12-2011
17:28:06
termurah Diah R.BNI Cabang Bekasi186,423.00
27.15-12-2011
17:26:33
agen150ribuM. Iqbal Sain BNI Cabang Bekasi121,581.00
28. 15-12-2011
17:26:17
0.00
29. 15-12-2011
17:21:26
ridhotravelRidho Al TundungkuryBNI Syariah-Makassar 107,793.00
30.15-12-2011
17:19:33
smartonosumartono martonomandiri - Jakarta 102,355.00
31.15-12-2011
17:17:54
ugiesparrowSugiharto AbdullahBCA-KCP KAWASAN INDU 103,680.00
32.15-12-2011
17:16:27
FHtravelfaiqBCA 160,711.00
33.15-12-2011
17:15:38
fhtravel1faiqBCA193,536.00
34.15-12-2011
17:14:21
697596 edie mulyonobca Lomanis cilacap174,020.00
35.15-12-2011
17:12:58
travel099 ishak yunus Gizi_06_BNI cab. UNHAS105,671.00
36.15-12-2011
17:11:33
verra.taft edrawatibank mandiri895,600.00
37.15-12-2011
17:10:15
CRV_TravelRidho Al Tundungkury BNI Syariah-Makassar117,004.00
38. 15-12-2011
16:54:15
mawartourRusmiati BCA102,448.00
39. 15-12-2011
16:53:03
metroMAJE TravelBCA-Ciputat 210,502.00
40.15-12-2011
16:50:43
palanatravelAndi Amral AkbarBCA 106,320.00
41.15-12-2011
16:49:12
yoky.siregaryoky siregarBNI Cab. A. Yani309,312.00
42.15-12-2011
16:47:22
quanesha qurrota ayunbni-ui depok199,840.00
43.15-12-2011
16:45:44
BANJIRDUIT-3RAMLI, SE MANDIRI-PETTARANI214,435.00
44. 15-12-2011
16:35:51
garudaemasChristine Yuliani BCA264,440.00
45. 15-12-2011
16:34:15
tiket88MAJE Travel BCA-Ciputat170,617.00
46. 15-12-2011
16:29:54
e_travelPanorama TourBCA Pekalongan 170,002.00
47.15-12-2011
16:28:30
limajayaIstiqal HadiMandiri 114,016.00
48.15-12-2011
16:26:33
grahatiketGraha TiketBCA Ratu Plaza137,864.00
49.15-12-2011
16:25:21
dotcom Bali TravelBCA-Jakarta200,249.00
50.15-12-2011
16:23:42
biro88MAJE Travel BCA-Ciputat191,035.00
51. 15-12-2011
16:22:28
asiatoursAsia Tours BCA Jakarta178,077.00
52. 15-12-2011
16:08:13
agentiketJaenal AsroriBNI 326,129.00
53.15-12-2011
15:42:48
eddwineddwin fawer sembiriBank Mandiri - Kanto 115,180.00
54.15-12-2011
15:41:38
lisa_travelLisa Pratiwi PayangaBNI - Mattoangin 378,540.00
55.15-12-2011
15:38:02
asiatiketAsia TiketBCA-Senayan 197,019.00
56.15-12-2011
15:31:00
ARMADAACHMAD SUBAGYOBCA CABANG PALU100,000.00
57.15-12-2011
15:26:23
jayatour jefry andreasBCA-Ciputat103,557.00
58.15-12-2011
15:25:12
yudhatravelyudanengsih Mandiri131,935.00
59. 15-12-2011
15:23:09
LILITIKETINGLILI SUGANDI BNI Capem PLN Pusat-121,858.00
60. 15-12-2011
15:22:46
0.00
61.15-12-2011
15:20:45
lindra4LindraBCA KCP Krakatau - M104,687.00
62.15-12-2011
15:19:25
adiwtiket Nisrina AHBCA KCP MAJAPAHIT104,585.00
63.15-12-2011
15:18:16
ANTHYTRAVEL ARIYANTI ARIEF, SKMMANDIRI-PETTARANI213,772.00
64.15-12-2011
14:46:28
newasia Asia TravelBCA305,719.00
65.15-12-2011
14:43:08
asiatourAsia Tours BCA172,964.00
66. 15-12-2011
14:41:55
asiatravelAsia Travel BCA Jakarta130,710.00
67. 15-12-2011
14:41:04
txtravelTX TravelBCA Senayan 208,984.00
68.15-12-2011
14:39:47
signupTerminal TiketBCA 261,924.00
69.15-12-2011
14:38:20
orderYanto AviantoMANDIRI cab. Jakart154,560.00
70.15-12-2011
14:37:15
iwank80 MOHAMMAD IRWANSYAH,BANK BCA - KCU BANJA115,018.00
71.15-12-2011
14:36:08
lillah Muhammad FatkhiBCA108,543.00
72.15-12-2011
14:35:06
biro87i komang puspatri BCA-gatot subroto de155,153.00
73. 15-12-2011
14:34:04
tiotaketamaopzan waldu sitio mandiri capem sungai112,846.00
74. 15-12-2011
14:32:48
metro88MAJE Travel BCA-Ciputat215,640.00
75. 15-12-2011
14:30:59
17Travel17 TravelBCA KCP Makassar 103,417.00
76.15-12-2011
14:28:00
cybertravelCyber TravelBCA KCP Makassar 101,448.00
77.15-12-2011
14:25:25
felawatitjanFelawati TjandraBCA Gajah Mada 122,400.00
78.15-12-2011
14:15:37
metro05MAJE TravelBCA - Ciputat 197,944.00
79.15-12-2011
14:13:29
ridho_tourRidho Al TundungkuryBNI Syariah154,173.00
80.15-12-2011
14:11:36
tries tries apriliantiMANDIRI CAB LEGIAN102,440.00
81.15-12-2011
14:07:25
buana Buana TravelBCA - Ciputat188,268.00
82.15-12-2011
13:59:58
metro06MAJE Travel BCA - Ciputat222,510.00
83. 15-12-2011
13:55:11
e_travel4Cakrawala Tour @ tra BCA Pekalongan128,962.00
84. 15-12-2011
13:52:53
opiqtravelinM Rofiq AH BCA110,752.00
85. 15-12-2011
13:51:41
budi_suhudsuhudBCA 100,000.00
86.15-12-2011
13:48:48
budi995Budi Hartono HendraBCA 115,590.00
87.15-12-2011
13:47:51
fitriragenluthfisafraniBank Mandiri Tarakan161,237.00
88.15-12-2011
13:46:41
lindra3 LindraBCA120,997.00
89.15-12-2011
13:45:42
abitravelanik mandiri - pemuda110,440.00
90. 15-12-2011
13:44:42
budi997Budi Hartono Hendra BCA Cab. Plasa Sentr101,624.00
91. 15-12-2011
13:43:46
budi999Budi Hartono Hendra BCA Cab. Plasa Sentr110,970.00
92. 15-12-2011
13:42:51
bisnis09bisnis tiket BNI-PAREPARE100,000.00
93. 15-12-2011
13:41:36
jawaraBudi Hartono HendraBCA Cab. Plasa Sentr 165,164.00
94.15-12-2011
13:32:20
aco77buolmahmud s laopoBNI - Unit Tolitoli 106,967.00
95.15-12-2011
13:29:55
bundeyyustisia setiarini sMANDIRI-KCP Jkt Dept 2,037,800.00
96.15-12-2011
13:27:35
heribertusheribertus robert huBNI 122,060.00
97.15-12-2011
13:26:20
I_travelindoRidho Al TundungkuryBNI Syariah-Makassar 963,980.00
98.15-12-2011
13:25:15
rarandrafaRiza Dewi FahliantiBank mandiri-fatmawa 105,152.00
99.15-12-2011
13:24:16
newtiketrahmat ruhiniMANDIRI-KCP PAYAKUMB132,978.00
100.15-12-2011
13:22:54
Aa_iicunk Ahmad sungadiBNI Cabang USU108,052.00

101.15-12-2011
13:21:51
manchunian Hartil MusbaliBNI895,540.00
102.15-12-2011
13:21:41
0.00
103. 15-12-2011
13:20:23
ILAGALIGO-10RUSYIDIBCA 100,990.00
104.15-12-2011
13:19:06
docentmammImam Syahuri GultomBCA Banjarbaru 274,225.00
105.15-12-2011
13:18:52
docentmammImam Syahuri GultomBCA Banjarbaru 0.00
106.15-12-2011
13:18:46
docentmammImam Syahuri GultomBCA Banjarbaru 0.00
107.15-12-2011
13:18:35
0.00
108.15-12-2011
13:15:31
e-travelingishak yunusBNI cabang Unhas111,720.00
109.15-12-2011
12:58:51
Watampone Iswan cahyadiBank BNI Cabang Maka174,160.00







Hingga saat ini kami telah membayar komisi sebesar :

Rp. 1,079,992,922.00


SUPPORT BY



Kamis, 15 Desember 2011

Yuk Kita Intip Interior Pesawat BBJ yang Akan Dibeli SBY .. !!

|0 komentar




Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dituding bergaya hidup hedonis sebagaimana anggota Dewan Perwakilan Rakyat. "Yang paling parah adalah Presiden SBY ikut-ikutan bergaya hedon, tidak mau kalah dengan DPR," kata Uchok Sky Khadafi, Koordinator Investigasi dan Advokasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran, di Jakarta.

Hedonisme ala SBY tampak dari rencana pembelian pesawat kepresidenan green aircraft yang menggunakan uang negara. Menurut data yang diperoleh FITRA, anggaran pembelian tersebut dialokasikan sebesar Rp 92 miliar dalam APBN Perubahan 2011, dan Rp 339,2 miliar dengan APBN 2012, untuk membeli pesawat baru jenis Boeing Jet 2 yang dibanderol US$ 58 juta.


Anggaran untuk pembelian pesawat itu didapat dari utang berbentuk promissory notes atau surat sanggup bayar. Hal ini dinilai FITRA justru mencemaskan, bukannya membanggakan bangsa. "Karena bukan untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat miskin, tapi hanya untuk memenuhi nafsu hedon pejabat publik."


Sebelumnya, FITRA juga menyoroti gaya hidup mewah para legislator Senayan. Seperti diberitakan, beberapa anggota Dewan memang menunggang mobil mewah seperti Bentley, Lexus RX 270, Hummer HR, Mercedes Benz, Velfire, Jeep Wrangler, ataupun Toyota Harrier. "Kondisi itu menunjukkan DPR memamerkan kekayaan, bukannya memperjuangkan aspirasi rakyat miskin," kata Uchok.


FITRA menilai mustahil jika mobil-mobil itu bisa didapat dari gaji pokok saja. Ia mencontohkan, gaji pokok Ketua DPR hanya Rp 5,04 juta, Wakil Ketua Rp 4,6 juta, dan anggota Rp 4,2 juta. Jika diakumulasikan dengan tunjangan, anggota DPR menanguk Rp 50-52 juta per bulannya.
















Rabu, 14 Desember 2011

Awin Kurangi Risiko Kecelakaan Udara

|0 komentar
BEBERAPA bulan terakhir, dunia penerbangan nasional kembali dilanda petaka. Sejumlah pesawat dilaporkan mengalami musibah. Di antaranya  September lalu, pesawat Cassa 212 - 200 milik PT Nusantara Buana Air, jatuh di kawasan hutan Bahorok, Sumatera Utara.


Pada bulan yang sama, pesawat jenis PK - UCE, milik Yayasan Jasa Aviasi, juga dikabarkan jatuh di Kabupaten Pemekaran Yalimo, Papua. Diduga, keduanya mengalami kecelakaan akibat cuaca buruk.

Buruknya cuaca memang menjadi penyebab utama kecelakaan udara. Gangguan seperti badai, hujan es, turbulensi, kilat serta perubahan kecepatan dan arah angin, sangat memengaruhi keselamatan penerbangan. Ditambah lagi, pengetahuan pilot dan kru di darat mengenai kondisi cuaca, juga masih kurang. Akibatnya, pilot kerap mengambil keputusan yang tak tepat.

Informasi Terkini

Barangkali Indonesia bisa mengadopsi teknologi yang dikembangkan National Aeronautics and Space Administration (NASA). Lembaga penerbangan milik pemerintah Amerika Serikat ini telah mengaplikasikan sistem informasi cuaca yang akurat untuk kepentingan transportasi udara. Sistem ini bernama Aviation Weather Information (Awin).

Program yang proposalnya disetujui pada Februari 1997 ini, digagas guna mengurangi kecelakaan udara akibat cuaca buruk, yang angkanya telah mencapai level memprihatinkan. Proyek bersama antara pemerintah, kalangan industri dan akademisi ini, bertujuan menciptakan sistem keamanan transportasi udara yang mampu melakukan penginderaan dan peramalan cuaca.

Sistem tersebut menyajikan informasi cuaca terkini secara real  time, yang dapat diakses oleh pilot selama di udara. Sebelum adanya Awin, data cuaca diberikan kepada pilot sebelum penerbangan dilakukan. Data tersebut masih mentah dan tidak real time. Selanjutnya, selama di udara pilot tak memiliki data terkini mengenai kondisi cuaca di depan. Ini tentunya berbahaya. Awin dirancang agar pilot mendapatkan informasi yang seharusnya mereka miliki di dalam kokpit.

Mengirim Data

Selain sebagai pihak yang menerima informasi, oleh sistem Awin, pesawat terbang juga dimungkinkan menjadi sumber informasi kondisi cuaca. Sebab, sistem sensor yang terpasang di pesawat, mampu mendistribusikan data cuaca ke beberapa pesawat lain dan menara pengawas di darat.

Data tersebut diterima dan dikirim dengan bantuan satelit dan stasiun penerima di darat. Proses penerimaan dan pengiriman data, dilakukan menggunakan broadcast data link dan sistem komunikasi dua arah. Data yang disajikan tak berkisar beberapa mil saja, namun mencakup seluruh negeri. Dengan demikian, pilot bisa lebih mudah memonitor kondisi cuaca selama penerbangan.

Selain itu, ketika Awin mengirimkan tanda peringatan gangguan cuaca kepada pilot, di saat bersamaan sistem ini juga akan mengarahkan dan memandu pilot menempuh rute alternatif yang lebih cepat dan aman. Panduan ini sangat membantu, sebab selama ini pilot seringkali mengambil kepustusan tak efisien, yaitu menempuh jalur yang lebih jauh, guna menghindari potensi bahaya. 

Mengurangi Risiko

Awin merupakan satu dari beberapa program keselamatan transportasi udara yang dimiliki NASA. Sebelumnya, NASA bekerja sama dengan sektor industri telah mengembangkan Cockpit Weather Information (Cwin) . Proyek ini mengolah dan menyajikan informasi cuaca yang diperoleh dari berbagai sumber.

Serangkaian simulasi dan uji coba Cwin telah dilakukan pada penerbangan sesungguhnya. Hasil yang diperoleh adalah meningkatnya kesadaran dan pengetahuan pilot akan kondisi cuaca saat berada di udara. Selain itu, dengan adanya Cwin penerbangan dirasakan lebih efisien dan aman.

NASA kemudian memperluas kerja sama dengan menggandeng Federal Aviation Administration (FAA). Mereka ingin meningkatkan teknologi Cwin dengan merancang infrastruktur jaringan data yang bisa dipasang pada pesawat terbang dan pusat data di darat. Kerja sama itu diwujudkan dalam program Awin.

Dengan kata lain, proyek yang dirancang pada masa pemerintahan presiden Bill Clinton ini merupakan penyempurnaan dari Cwin. Dengan teknologi yang telah diperbaharui, NASA mengklaim Awin mampu mengurangi risiko kecelakaan udara sebesar 50 persen.

Awin tak menutup kemungkinan diterapkan di Indonesia. Teknologi ini dapat dimanfaatkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perusahaan maskapai penerbangan, Kementerian Perhubungan, serta pihak├▒pihak lain yang berkaitan. Diharapkan mereka bisa saling berbagi informasi cuaca, sehingga dihasilkan keputusan kolaboratif yang tepat, demi keamanan transportasi udara. Sudah saatnya negeri ini memberikan perhatian lebih pada tingginya angka kecelakaan udara akibat cuaca buruk.

(Arswendo Wirawan, dari berbagai sumber-24)

 

SUPPORT BY


Selasa, 13 Desember 2011

Pesawat Merpati yang Keluar Percikan Api Bertipe MA-60

|0 komentar

Pesawat Merpati yang mengeluarkan percikan api di udara adalah tipe MA-60. Percikan api berasal dari sistem elektrik pesawat. Saat ini penyebab munculnya percikan api masih diselidiki.

"MA-60," ujar Dirut Merpati Sardjono Jhony saat ditanya tipe pesawat apa yang mengalami insiden. Hal itu disampaikan dia kepada detikcom, Senin (12/12/2011).

Belum ada informasi pesawat MA-60 ini diproduksi tahun berapa.

Saat ini, lanjut dia, petugas tengah melakukan investigasi. Jhony bersyukur pilot pesawat yang terbang dari Bima ke Denpasar itu telah melakukan prosedur yang tepat.

"Pilot melakukan prosedur yang tepat dan alhamdulillah mendarat dengan selamat di Bima," sambung Jhony.

Menurut dia, insiden semacam itu bisa dialami pesawat apa pun. Ada beberbagai sebab munculnya percikan api dari sistem elektrik, namun Jhony tidak mau berspakulasi.

"Banyak kemungkinannya. Tapi sedang kita selidiki dulu, apakah betul fire atau smoke," ucap Jhony.

Sementara itu, Kapuskom Informasi Publik Bambang S Ervan menyebut pesawat yang mengalami insiden itu memiliki nomor registrasi PK MZG/MA 60 dan nomor penerbangan NZ 623. Saat pesawat berada di ketinggian 6.500 kaki, penumpang melihat api keluar dari mesin kiri pesawat.

"Engineer memberi tahu ke kapten bahwa engine kiri ada fire. Langsung engine di-shut dan fire extinguisher diaktifkan. Lalu fire mati dan pesawat return to base (RTB) ke Bima dan landing safe," tutur Bambang.

Pilot pesawat tersebut adalah Kapten Dwi Wahyu. Sedangkan kopilotnya adalah Ari Dwi. Sedangkan teknisi yang ada dalam pesawat adalah Tri Nandang.

(detiknews)

 


Filipina Masih Menyelidik Penyebab Kecelakaan Queen Air

|0 komentar

Otoritas penerbangan sipil Filipina masih menyelidiki penyebab insiden kecelakaan pesawat di Kota Paranaque di wilayah Metro Manila, baru-baru ini. Jumlah korban bertambah menjadi 13 orang tewas, 20 orang luka-luka dan 5 orang masih dinyatakan hilang.

Tim investigasi sampai kemarin masih menyelidiki kecelakaan pesawat kargo Queen Air yang jatuh di daerah perumahan di Jalan Taiwan, Kota Paranaque, Metro Manila. Tim investigasi juga masih menyisir lokasi jatuhnya pesawat di kawasan kumuh Metro Manila, untuk menemukan lagi korban-korban. Hingga kini masih ada 5 orang yang dinyatakan hilang.

Saksi mata mengaku mendengar ledakan keras sebelum pesawat terbakar dan meratakan 20 rumah serta bangunan sekolah dasar. Dikhawatirkan korban masih akan terus bertambah, meski sejauh ini dikonfirmasi 20 orang luka-luka dan 13 orang tewas, termasuk pilot dan ko-pilot.

(Metrotvnews)


SUPPORT BY


Garuda Buka Jalur Penerbangan Langsung ke Istanbul

|0 komentar

Garuda Indonesia Airlines (GIA) membuka jalur penerbangan langsung dari Jakarta ke Istanbul. Pernyataan ini disampaikan Direktur PT GIA Emir Syah Satar dalam pertemuan dengan Wakil Perdana Menteri Turki Bulent Aricn.

"Seperti yang tadi sudah dikatakan bahwa sudah ada kerja sama antara Garuda dan Turki Airlines," kata Emir di Hotel Shangri-La, Sabtu, 10 Desember 2011.

Menurut Emir, pembukaan jalur langsung ini penting untuk mengakomodasi para wisatawan, baik Turki maupun Indonesia, yang ingin mengunjungi masing-masing negara. Rencananya, Garuda akan membuka dua jalur penerbangan langsung ke Istanbul.

Dalam kesempatan yang sama, Garuda menanyakan kemungkinan dibukanya jalur langsung bagi maskapai Indonesia dari Jeddah ke Istanbul, khususnya bagi jemaah haji yang melakukan umrah.

Menjawab pertanyaan ini, Wakil Perdana Menteri Turki Bulent Arinc tidak langsung menyatakan sikap. Menurut Bulent Arinc, kemungkinan itu bersifat sangat teknis. "Hal ini merupakan kewenangan dari duta besar dan antar-pemerintah, tapi saya akan mencatat ini," ujar Bulent Arinc.


(TEMPO.CO)

 

‘Bom Waktu’ Itu Bernama Juanda

|0 komentar

Kegembiraan sedang direguk Bandara Internasional Juanda Surabaya karena meraih penghargaan Bandara Terbaik se-Indonesia versi Majalah Bandara dan Penghargaan Menteri Negara BUMN sebagai `Best Airport`. Meski demikian, pengelola Juanda diingatkan untuk tidak 'mabuk' gelar karena kenyataannya ada 'bom waktu' yang terus berdetak dan siap meledak.

Overload terminal penumpang dan landasan pacu membuat wajah Juanda bak 'Joyoboyo' (terminal lyn/angkot Surabaya yang semrawut,Red). Penumpang klesetan di lantai, antrean di ruang tunggu VIP hingga delay menjadi pemadangan tiap hari.

Bahkan, jangan kaget bila suatu saat penerbangan distop total. Sebab di dalam setahun ini sudah empat kali terjadi pengelupasan landasan. Langkah perbaikan pun dilakukan dengan melebarkan bandara ke Bandara Juanda lama di sisi Selatan. Sayangnya menurut kalangan pengamat itu bakal sia-sia karena hanya akan bertahan maksimal 5 tahun.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 6,5%  lebih cepat seperti tren pertumbuhan di Asia. Selama infrastruktur jalan darat belum memadai, saya khawatir setelah pembangunan terminal 2 Juanda  tidak akan membantu banyak dalam menyelesaikan kepadatan Juanda yang ada saat ini sudah dalam fase kritis," ujar Pengamat Dirgantara, Dudi Sudibyo ketika dihubungi, Jumat (9/12). Sekadar diketahui Bandara Awrad berlangsung di Jakarta, Rabu (7/12) malam.

Pembangunan terminal 2 bandara lama Juanda yang diresmikan dengan pemancangan tiang pertama Kamis (01/12) lalu bukan solusi yang tepat untuk mengatasi over capacity. Jumlah pengguna moda transportasi udara dari tahun ke tahun meningkat hingga menyebabkan penumpang maskapai membludak.

Apalagi, maskapai penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) terus bertambah. Dalam beberapa tahun ke depan, lalu lintas makin sesak karena maskapai penerbangan Lion Air membeli 230 pesawat Boeing senilai 21,7 miliar dollar atau sekitar Rp 195 triliun dan diap terbang ke semua titik, tentunya JUanda menjadi salah satu tujuan 'favoritnya'.

Dudi pun meramalkan, selama kurun waktu kurang dari lima tahun, pembangunan terminal 2 bandara Juanda akan overload juga. Apalagi, Surabaya sebagai kota kedua setelah Jakarta pertumbuhan perekonomiannya bergerak dengan pesat.

Sejak diresmikan pada tahun 2007 lalu, bandara Juanda baru di sisi Utara yang dibuat dengan kapasitas 6,5 juta penumpang per tahun sudah melebihi kapasitas. Data PT Angkasapura (AP) I menyebutkan rata-rata pertumbuhan arus penumpang di Bandara Juanda mencapai 7%-10% per tahunnya. Pada tahun 2009, volume penumpang di bandara Juanda mencapai 10,63 juta orang. Adapun traffic pesawat pada 2009 mencapai 94.066 unit.

Sedangkan pada tahun 2010 volume penumpang di bandara juanda mencapai sekitar 11,5 juta orang, padahal kapasitas ruang tunggu penumpang bandara Juanda baru hanya 6,5 juta orang pertahun. Rata-rata lalu lintas pesawat di bandara Juanda tiap harinya sebanyak 250 unit.

Dudi menambahkan, pemerintah harus mencari tempat alternatif baru agar lack of capacity atau kekurangan daya tampung penumpang bandara segera teratasi selama 20 tahun ke depan. Dia menyebutkan, salah satu langkah yang terbukti berhasil di negara lain adalah pembangunan bandara baru sebagai pendamping bandara Juanda. Di Jawa Timur Madura menjadi wilayah yang tepat.

Menurut dia, Madura adalah wilayah yang berdekatan dengan Surabaya dan mempunyai kemudahan transportasi karena ditunjang oleh Jembatan Suramadu yang menghubungkan antara 2 wilayah, yakni pulau garam dengan Kota Surabaya. "Selain itu, secara geografis Madura mempunyai kondisi tanah yang landai serta tidak berbukit sehingga sangat cocok untuk dibangun bandara,"sambungnya.

Di kota-kota besar di Asia, kata Dudi, terdapat lebih dari satu bandara untuk melayani penumpang. Dia mencontohkan di kota Bangkok, Thailand terdapat 2 bandara yaitu Don Mueang Airport yang khusus melayani penumpang domestik dan Suyarnabhumi Airport untuk penumpang internasional.

"Seharusnya pemerintah mencontoh negara-negara besar yang memiliki 2 bandara. Dengan keberadaan 2 bandara, kepadatan penumpang akan terurai. Karena saat ini secara keseluruhan di bandara-bandara kota besar di Indonesia jumlah penumpang pesawat sudah mencapai 160 juta orang per tahun,"ujarnya.

Sekadar menginformasikan, Bandara Juanda memiliki panjang landasan 3.000 meter dengan luas sebesar 51.500 m², atau sekitar dua kali lipat dibanding terminal lama yang hanya 28.088 m². Bandara yang beroperasi saat ini dilengkapi dengan fasilitas lahan parkir seluas 28.900 m² yang mampu menampung lebih dari 3.000 kendaraan. Bandara tersebut mampu menampung 6 juta hingga 8 juta penumpang per tahun dan 120.000 ton kargo/tahun.

Namun, hingga November tahun ini, jumlah penumpang bandara Juanda sudah melebihi kapasitas yang mencapai 12 juta penumpang. Jika bertepatan dengan libur nasional, dipastikan tiap harinya akan terjadi delay karena traffic kedatangan pesawat yang begitu padat. Dalam sehari, jadwal penerbangan di bandara Juanda bila musim libur mencapai 400-450 flight.

Pembangunan terminal 2 bandara juanda lama setelah lama mangkrak diprediksi bisa sedikit membantu mengurai kepadatan yang ada di bandara Juanda saat ini. Pembangunan dengan nilai investasi Rp 380 miliar ini ditargetkan bisa rampung dalam waktu sebelas bulan atau bulan November 2012.

Kapasitas tampung lapangan parkir mobil terminal 2 sebanyak 500 unit untuk mobil dan 300 unit untuk motor. Sedangkan pada terminal 1 mampu menampung 1.333 unit mobil dan 900 unit motor. Selain terminal 2 juanda, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 2,5 triliun untuk pengembangan bandara internasional lainnya. Diantaranya bandara Internasional Soekarno-Hatta Jakarta, bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, bandara Sepinggan Balikpapan, bandara Internasional Lombok Nusa Tenggara Barat.dan bandara Kuala Namu Medan.

(Surabaya Post Online)


SUPPORT BY



 

Raja Ampat Terpilih Menjadi Tujuan Wisata Terfavorit ITA 2011

|0 komentar

RAJA Ampat terpilih sebagai Kota Tujuan Wisata Favorit dalam ajang penghargaan Indonesia Tourism Award (ITA) 2011. Beberapa penghargaan juga diberikan kepada penunjang pariwisata lainnya.

Selain Raja Ampat, Denpasar dan Bandung juga mendapatkan penghargaan yang sama. Sementara, kota dengan pelayanan terbaik diraih Kota Malang. Di peringkat kedua adalah Denpasar.

Tiga obyek wisata terfavorit yang terpilih, antara lain Pantai Waisai yang berada di Raja Ampat, Tanah Lot di Tabanan, Bali, dan Jatim Park di Malang.

Bali kembali terpilih dalam kategori Provinsi Terbaik dalam Pengembangan Pariwisata. Selain Bali, penghargaan yang sama diraih DKI Jakarta dan Yogyakarta. Sementara, penghargaan khusus pariwisata diberikan kepada Kota Sawahlunto dan Provinsi Bangka Belitung.

Malam penghargaan juga memunculkan nama-nama pemenang untuk kategori Industri Penunjang Pariwisata Terbaik, yakni Santika Premiere Jakarta sebagai Hotel Bintang 4 Terbaik, Hotel Mulia Senayan Jakarta sebagai Hotel Bintang 5 Terbaik, dan The Aroma's Kuta sebagai Hotel Bintang 3 Terbaik.

Restoran Bandar Jakarta memenangkan penghargaan Restoran Terbaik. Mal Terfavorit di Jakarta diraih Plaza Senayan. Sementara, Paris Van Java untuk mal di luar Jakarta.

Sektor maskapai untuk Penerbangan Layanan Penuh Terfavorit diraih Garuda Indonesia. Sedangkan, Sriwijaya Air mendapatkan Penerbangan Layanan Ekonomi Terfavorit.

Panorama Tour meraih Biro Perjalanan Wisata Terfavorit, Armada Taksi Terfavorit adalah Putra, Spa Terfavorit diraih Javana Spa dan Royale Jakarta sebagai Lapangan Golf Terfavorit.

Kategori yang disurvei dalam ajang ITA 2011 meliputi kabupaten/kota terbaik dalam layanan wisata, kota tujuan wisata favorit, dan obyek wisata favorit. Adapula penghargaan yang dipilih berdasarkan kompetisi program, yaitu pemerintah provinsi yang paling berkomitmen terhadap pengembangan pariwisata.

Terdapat juga penghargaan untuk industri penunjang pariwisata terbaik yang dibagi dalam subsektor, antara lain hotel berbintang, maskapai penerbangan, biro perjalanan wisata, taksi, restoran, golf, spa, dan mal. Khusus untuk hotel, golf, spa, biro perjalanan wisata, dan restoran berdasarkan penjurian.

ITA 2011 dihelat Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan majalah Swa. Salah satu tujuannya memberi apresiasi bagi pariwisata penunjang.

Majalah SWA bertindak sebagai penyelenggara survei di 25 kota. Kota-kota yang terpilih merupakan daftar kota dengan  pendapatan domestik regional bruto (PDRB) di bidang pariwisata terbesar.

Survei dilakukan terhadap 1.500 wisatawan yang terdiri atas 1.350 wisatawan Nusantara dan 150 wisatawan mancanegara. Juga melibatkan 100 responden dari kalangan profesional dan eksekutif. Aspek yang dinilai antara lain kebersihan, informasi wisata, kewajaran biaya, promosi, keragaman obyek, keamanan, keunikan obyek, dan keramahan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu mengatakan, industri pariwisata maupun pemerintah daerah memegang peranan penting dalam pelayanan kepada wisatawan.

"Wisman semakin banyak datang ke Indonesia. Wisatawan harus end to end. Dari mereka datang, jalan-jalan, sampai pulang lagi, dia harus sangat happy. Karena itu, industri penunjang pariwisata penting sekali," ungkapnya dalam jumpa pers ITA 2011 di Jakarta, Kamis (8/12/2011) malam.

Sumber : (Okezone)


SUPPORT BY



Popular Posts