NIKMATI LAYANAN TRAVEL PRIBADI, BOOKING DAN CETAK SENDIRI TIKETNYA

BIRO TIKET PESAWAT ONLINE

BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA

Jika Anda Bisa Mengetik dan Akses Internet, Anda Sudah Memiliki Syarat yang Cukup Untuk Menghasilkan Uang dari Bisnis Tiket Pesawat Online

Rekan Netter ...

Prospek Bisnis online di bidang penjualan tiket pesawat masih sangat besar peluangnya, selama perusahaan penerbangan masih ada dan dunia pariwisata terus berkembang, bisnis tiket tiket pesawat masih layak untuk dipertimbangkan, hal yang perlu diperhatikan adalah menjamurnya pusat penjualan tiket dimana – mana, sehingga daya saing semakin tinggi, perlu suatu terobosan yang inovatif agar tetap bersaing sehat. Ini lah yang menjadi pertimbangan birotiket.com sehingga membuka peluang bisnis online menjadi biro tiket pesawat secara online dengan modal sedikit tetapi hasil yang sangat luar biasa..



KEUNTUNGAN APA SAJA YANG AKAN ANDA DAPATKAN ?

1. Proses reservasi / booking bisa dilakukan darimana saja dan kapan saja di seluruh wilayah Indonesia.

2. Data yang transparan langsung dari airline.

3. Proses reservasi langsung dilakukan dari sistem airline.

4. Anda bisa mencetak sendiri tiket anda dan penumpang anda bisa langsung terbang.

5. Pembayaran melalui transfer bank sehingga bisa lebih cepat dan akurat.

6. Anda bisa menjual kembali tiket tersebut kepada orang lain dengan harga pasar.

Selain beberapa keuntungan di atas, masih banyak lagi keuntungan yang akan anda dapatkan jika bergabung bersama kami, selengkapnya silahkan klik disini


BISNIS YANG BIASA TETAPI MEMILIKI
POTENSI PENGHASILAN YANG LUAR BIASA


Bergabung? silahkan klik disini


Jumat, 22 Februari 2013

Inilah Pendapatan Raffi Ahmad Perbulan yang Membuat Wanita Tergoda!!

|0 komentar




Inilah Pendapatan Raffi Ahmad Perbulan yang Membuat Wanita Tergoda!! - Raffi Ahmad ibarat magnet di jagat hiburan. Mengawali karier sejak usia 12 tahun, sosok Raffi mulai membetot perhatian saat tampil di sinetron Senandung Masa Puber 10 tahun lalu.

Sejak itu, karier Raffi merangkak naik. Telah banyak sinetron dan film ia bintangi, sebut saja sinetron Juragan Jengkol, Olivia, Janji Cinta, Buku Harian Baim, film Me vs High Heels, Panggil Namaku 3X, Ada Hantu di Sekolah, dan Bukan Bintang Biasa. Raffi juga wira-wiri di layar kaca sebagai presenter, bintang iklan, dan bintang tamu sejumlah acara variety show.

Karier melambung, taraf kehidupan juga mengalami perbaikan. Dari honor yang didapat, Raffi sudah memiliki empat mobil mewah, tujuh motor gede, rumah di Lebak Bulus, dan sekarang sedang membangun rumah di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, yang ditaksir menghabiskan biaya 11 miliar rupiah. Demi masa depan, Raffi menginvestasikan sebagian uangnya untuk berbisnis.

Bisnis restoran, otomotif, event organizer, rumah produksi Barometer Lite bersama Rita Priatna, dan rumah produksi R1 Pictures bersama Irwansyah, ia lakoni. Seiring popularitasnya yang semakin berkibar, honor Raffi naik pesat. Sekali tampil di Dahsyat, kabarnya Raffi dibayar hingga 25 juta rupiah. Di Pesbukers sekitar 15 juta. Kata Hati, 15 juta. Cit-Cat Cuz, 15 juta.

Bayangkan, berapa yang bisa dia raih dalam sebulan? Kalau sehari saja dia bisa mengantongi 70 juta rupiah, berarti sebulan lebih dari 2 miliar rupiah! Edan! Jauh melampaui gaji Presiden Amerika Serikat Barack Obama (383 juta rupiah per bulan)! "Rezeki itu sudah ada yang mengatur. Yang penting kita mau berusaha, bekerja keras, jangan malas. Dan satu hal, punya keyakinan teguh. Jangan pernah menyerah," ucap Raffi suatu kali.

Honor Raffi sekarang dibanding saat mengawali karier pada 2001, diakuinya mengalami kenaikan sangat signifikan. "Honor saya dulu 350 ribu rupiah. Peningkatannya pasti ada dan sangat signifikan. Alhamdulillah cukuplah," Raffi bersyukur. Wajar, honor naik. Setimpal dengan apa yang Raffi berikan untuk pekerjannya.

Jelas, status tersangka yang disandang Raffi saat ini sangat merugikan. Bukan hanya buat dirinya, tapi juga orang-orang yang bekerja sama dengannya. Kerugian materi yang Raffi harus terima dari kasus ini tidak sedikit. Dua minggu ditahan, Raffi kehilangan penghasilan tetap sekitar 1 miliar rupiah. Susah payah membangun karier dari nol, karier Raffi terancam habis akibat narkoba. Padahal ibunda Raffi, Amy Qanita, selalu mewanti-wanti Raffi agar menjauhi barang-barang haram.

Raffi membintangi beberapa produk iklan, yaitu Komix, Fisqua, Sunlight, Top One, dan helm KYT. Bagaimana nasib kelanjutan iklan-iklan yang dibintanginya? Sejak ia ditahan BNN, beberapa iklan yang dibintangi Raffi mulai jarang terlihat di layar kaca. Sayangnya, beberapa agensi iklan maupun pihak product brand yang kami hubungi, untuk konfirmasi soal kejelasan iklan-iklan yang dibintangi Raffi, menolak memberi komentar resmi. Mereka masih menunggu perkembangan.

"Iklannya, sih masih ada. Tapi untuk TVC Raffi (TV commercial) sudah tidak tayang lagi. Sekarang tayang TVC yang lama," ungkap salah satu pihak product brand yang dibintangi Raffi. Beberapa merasa tidak berkompetensi dan belum tepat waktu berkomentar. "Yang pasti dengan kami memang kontraknya sudah berakhir," komentar pihak product brand yang lain.

Situasi ini dianggap sensitif dan dapat mempengaruhi citra brand maupun perusahaan bersangkutan. Menyikapinya, harus berhati-hati, masih melihat perkembangan.

Sumber

Masihkah Anas Siap Digantung di Monas?

|0 komentar
Masihkah Anas Siap Digantung di Monas?
Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum menjalani pemeriksaan terkait kasus Proyek Hambalang di Komisi Pemberantasan Korupsi, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2012). Oleh mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin, Anas disebut turut terlibat dalam proyek senilai Rp. 2,5 triliun tersebut.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) secara resmi menetapkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi proyek Hambalang, Jumat (22/2/2013). Anas diduga menerima pemberian hadiah berupa Toyota Harrier terkait Hambalang. KPK telah memulai penyelidikan aliran dana Hambalang ini sejak pertengahan tahun lalu.

Kira-kira setahun lalu, tepatnya 9 Maret 2012, ketika nama Anas mulai dikaitkan dalam kasus ini, ia menegaskan bahwa dirinya tak terlibat. Bahkan, Anas menyatakan siap digantung di Tugu Monas jika ia menerima uang satu rupiah pun dari proyek Hambalang (Baca: Anas: Satu Rupiah Saja, Gantung Saya di Monas).

"Saya yakin. Yakin. Satu rupiah saja Anas korupsi di Hambalang, gantung Anas di Monas," ujar Anas di Kantor DPP Demokrat, Jakarta Pusat, Jumat (9/3/2012).

Nama Anas dikaitkan dalam kasus ini setelah adanya pernyataan yang dilontarkan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin. Saat itu, Anas menuding apa yang dikatakan Nazaruddin hanya karangan.

"Saya tegaskan, ya, KPK sebetulnya tidak perlu repot-repot mengurus soal Hambalang. Mengapa? Karena itu, kan, asalnya ocehan dan karangan yang tidak jelas. Ngapain repot-repot," ujarnya.

Sebelumnya, Nazaruddin menyebut Anas menggelontorkan uang sebesar 7 juta dollar AS terkait pemenangannya sebagai Ketua Umum DPP Demokrat dalam rapat koordinasi nasional partai yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat. Uang itu, kata Nazaruddin, diperoleh Anas dari proyek Hambalang (Baca: Rekam Jejak Anas Urbaningrum di Skandal Hambalang)

Pengambilan uang proyek itu berasal dari PT Adhikarya, pelaksana proyek Hambalang sebesar Rp 50 miliar dan Rp 20 miliar dari Adi Saptinus, anggota staf dari perusahaan tersebut. Mantan anggota DPR itu mengaku tahu betul soal keterlibatan Anas dalam proyek Hambalang.

Nazaruddin juga menunjukkan fotokopi kuitansi yang menjadi bukti adanya uang 7 juta dollar AS tersebut. Uang tersebut, lanjutnya, dibagi-bagi kepada sekitar 325 Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrat yang memilih Anas.

Sumber: kompas.com

KPK: Semua Pimpinan Sepakat Anas Urbaningrum Tersangka

|0 komentar
KPK: Semua Pimpinan Sepakat Anas Urbaningrum Tersangka
Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Johan Budi menyatakan semua unsur pimpinan KPK sepakat menetapkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebagai tersangka. Menurut dia  tidak ada pimpinan KPK yang tidak ingin Anas menjadi tersangka.

"Tidak benar ada dua (pimpinan) yang mbalelo (atau) tidak setuju, itu tidak benar. Itu sifatnya isu atau hoax," kata Johan, di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (22/2/2013). Pernyataan Johan ini sekaligus membantah tudingan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin, yang dilontarkan seusai menjalani pemeriksaan, Kamis (21/2/2013) malam.

Setelah menjalani pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus simulator SIM tersebut, Nazaruddin mengatakan ada dua pimpinan KPK yang 'galau' dalam penetapan Anas sebagai tersangka. Kegalauan itu, ujar dia, terjadi karena ada kepentingan yang memboncengi kedua pimpinan itu.

Johan memastikan lima pimpinan KPK bersepakat dalam penetapan status Anas, sekalipun surat perintah penyidikan (sprindik) hanya ditandantangani Bambang Widjojanto. "Draf diparaf Adnan, Zulkarnain, Pak BW (Bambang Widjojanto), Pak Busyro (Muqoddas), Pak Abraham," tegas dia.

Sprindik hanya ditandatangani satu pimpinan, menurut Johan adalah hal yang wajar. "Semua pimpinan bisa menandatangani sprindik. Tidak semua sprindik ditandatangani Pak Abraham," tambah dia. Penetapan Anas sebagai tersangka, tegas Johan, juga bukan pesanan pihak tertentu ataupun atas intervensi kepentingan politik.

KPK menetapkan Anas sebagai tersangka atas dugaan menerima hadiah atau janji terkait kewenangannya sebagai anggota DPR. Penerimaan hadiah itu, tidak hanya berkaitan dengan perencanaan, pelaksanaan, dan pembangunan pusat olahraga Hambalang, melainkan juga terkait proyek-proyek lain yang belum dapat dirinci oleh Johan saat ini.

Proses penetapan Anas sebagai tersangka ini sempat diwarnai insiden bocornya draf sprindik Anas. Berdasarkan hasil investigasi tim internal KPK, dokumen draf sprindik yang beredar melalui media itu merupakan dokumen asli. Kini, KPK membentuk Komite Etik untuk menelusuri dugaan pelanggaran etika yang dilakukan unsur pimpinan terkait bocornya draf sprindik ini.

Sumber: kompas.com

Anas Urbaningrum Resmi Tersangka Hambalang

|0 komentar
Anas Urbaningrum Resmi Tersangka Hambalang
Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Anas Urbaningrum usai menghadiri Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) Partai Demokrat Provinsi Sumsel, di Aula Asrama Haji, Palembang, Jumat (15/2/2013). Sebelum membuka secara resmi rangkaian acara, Anas sempat memimpin langsung prosesi mengheningkan cipta. Kedatangan Anas didampingi oleh petinggi partai, Saan Mustofa dan Ketua DPD Partai Demokrat Sumatera Selatan, Ishak Mekki

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Ketua Umum DPP Partai Demokrat Anas Urbaningrum sebagai tersangka kasus dugaan korupsi Hambalang. Anas diduga menerima pemberian hadiah terkait proyek Hambalang saat dia masih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat. Sebelum menjadi ketua umum, Anas merupakan Ketua Fraksi Partai Demokrat di DPR.

"Perlu disampaikan berdasarkan hasil gelar perkara yang dilakukan beberapa kali termasuk hari ini, dalam proses penyelidikan dan penyidikan terkait dengan dugaan penerimaan hadiah atau janji berkaitan dengan proses pelaksanaan pembangunan Sport Centre Hambalang atau proyek-proyek lainnya, KPK telah menetapkan saudara AU sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Johan Budi dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (22/2/2013) malam.

Menurut Johan, Anas tidak hanya  diduga menerima pemberian hadiah terkait perencanaan, pelaksanaan, dan pembangunan pusat olahraga Hambalang, melainkan terkait proyek-proyek lainnya. Namun Johan tidak menjelaskan lebih jauh mengenai proyek lain yang dimaksudkannya itu.

Mengenai nilai hadiah atau gratifikasi yang diterima Anas, Johan mengatakan akan mengeceknya terlebih dahulu. Dia pun enggan menjawab saat ditanya apakah gratifikasi yang diduga diterima Ana situ dalam bentuk Toyota Harrier. "Jangan kita bicarakan materi," ujarnya.

KPK menjerat Anas dengan Pasal 12 huruf a atau huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Penetapan Anas sebagai tersangka ini diresmikan melalui surat perintah penyidikan (sprindik) tertanggal 22 Februari 2013. Sprindik atas nama Anas tersebut, kata Johan, ditanda tangani Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto.

Johan juga menegaskan kalau penetapan Anas sebagai tersangka ini sudah berdasarkan dua alat bukti yang cukup. "Saya juga menegaskan, jangan kait-kaitkan proses di KPK dengan proses politik," tambah Johan.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan dua tersangka Hambalang, yakni mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Alfian Mallarangeng serta Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora Deddy Kusdinar. Apa yang dituduhkan KPK terhadap Andi dan Deddy berbeda dengan Anas. Jika Anas diduga menerima gratifikasi, maka Andi dan Deddy diduga bersama-sama melakukan perbuatan melawan hukum dan penyalahgunaan wewenang untuk menguntungkan diri sendiri atau pihak lain, tetapi justru merugikan keuangan negara.

Adapun pengusutan kasus Hambalang ini berawal dari temuan KPK saat menggeledah kantor Grup Permai, kelompok usaha milik mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin. Penggeledahan saat itu dilakukan berkaitan dengan penyidikan kasus suap wisma atlet SEA Games yang menjerat Nazar.

Sejak saat itu, seolah tidak mau sendirian masuk bui, Nazaruddin kerap "bernyanyi" menyebut satu per satu nama rekan separtainya. Anas dan Andi pun tak luput dari tudingan Nazaruddin. Kepada media, Nazar menuding Anas menerima aliran dana dari PT Adhi Karya, BUMN pemenang tender proyek Hambalang.

Menurutnya, ada aliran dana Rp 100 miliar dari proyek Hambalang untuk memenangkan Anas sebagai Ketua Umum Demokrat dalam kongres di Bandung pada Mei 2010. Nazaruddin juga mengatakan kalau mobil Harrier yang sempat dimiliki Anas itu merupakan pemberian dari PT Adhi Karya.

Sementara itu, Anas membantah tudingan-tudingan Nazaruddin tersebut. Dia mengatakan bahwa Kongres Demokrat bersih dari politik uang. Anas bahkan mengatakan rela digantung di Monas jika terbukti menerima uang Hambalang.

"Saya yakin. Yakin. Satu rupiah saja Anas korupsi di Hambalang, gantung Anas di Monas," ujar Anas pada awal Maret tahun lalu. 

Sumber : kompas.com

Kamis, 21 Februari 2013

Kasihan ... Wanita Usia 27 Tahun Belum Menikah Dijuluki 'Perempuan Sisa' di China

|0 komentar

27 Tahun Belum Menikah Dijuluki 'Perempuan Sisa' di China

Beijing
: Berusia lebih dari 27 tahun? Belum menikah? Perempuan? Di China, Anda bisa dilabeli sebagai "perempuan sisa" oleh negara. Namun, sejumlah wanita karier di Tiongkok mengaku bahagia melajang.

Huang Yuanyuan, kerja hingga larut malam di sebuah stasiun radio di Beijing. Besok, ia akan merayakan ulah tahun ke-29. "Menakutkan, aku setahun lebih tua," kata dia seperti dimuat BBC, Kamis (21/2/2013). "Aku deg-degan."

Ada alasan bagi Huang untuk gelisah. "Aku masih lajang, tak punya pacar. Aku dalam tekanan untuk segera menikah."

Huang sejatinya adalah perempuan yang punya percaya diri, punya gaji bagus, punya apartemen sendiri, bergelar MA dari sebuah universitas terkemuka di China. Punya banyak teman.

Namun, ia tak mampu menepis kenyataan bahwa perempuan lajang di perkotaan, yang berpendidikan seperti dirinya disebut "sheng nu" alias "perempuan sisa". Sebutan yang menohok lagi menyebalkan.

Bahkan, situs pemerintah yang harusnya feminis, All-China Women's Federation menampilkan artikel soal "perempuan sisa" itu -- baru berhenti setelah protes bertubi-tubi datang.

Mulai Tahun 2007

Media pemerintah China mulau menggunakan terminologi "sheng nu" pada 2007. Di tahun yang sama, pemerintah memperingatkan rakyatnya soal ketidakseimbangan gender, yang dianggap persoalan yang serius. Ini adalah dampak kebijakan satu keluarga satu anak yang membuat jumlah pria jauh lebih banyak.

Biro Nasional Statistik menyebut, jumlah pria yang berusia di bawah 30 tahun, 20 juta lebih banyak dari perempuan di bawah usia 30 tahun.

"Sejak 2007, media pemerintah China secara agresif menyebarluaskan istilah ini dalam survei, berita, kolom, kartun, dan gambar. Yang pada dasarnya memberi stigma pada perempuan berpendidikan berusia di atas 27 atau 30 tahun yang masing lajang," kata Leta Hong-Fincher, ilmuwan AS yang menempuh pendidikan doktoral di Tsinghua University, Beijing.

Sensus di China menunjukkan, satu dari lima perempuan berusia 25-29 tahun belum menikah. Proporsi pria yang belum menikah, dalam rentang usia sama, bahkan lebih tinggi -- lebih dari 1:3. Namun, itu bukan berarti perempuan di China gampang mendapat jodoh. Faktor usia dan tingkat pendidikan juga jadi kriteria mereka memilih pasangan.

Padahal bagi pemerintah, perempuan berpendidikan amat diharapkan untuk menurunkan generasi berkualitas.

Pemerintah pun kerap mengadakan acara perjodohan, agar perempuan berpendidikan bisa mendapatkan bujangan yang berkualitas. Menurut Fincher, tujuannya tak hanya menciptakan keturunan yang berkualitas. Dengan mengikat para pria lajang dalam pernikahan akan mengurangi kegelisahan para lelaki lajang -- yang bisa memicu malapetaka sosial.

Tak Hanya Pemerintah

Namun kecenderungan untuk memandang rendah wanita usia tertentu yang belum menikah, tak hanya dilakukan pemerintah.

Seperti yang terjadi pada Chen -- bukan nama sebenarnya -- yang bekerja di sebuah perusahaan konsultasi investasi.

Ia lajang, menikmati hidup dengan gaji besar, jauh dari orang tuanya yang konservatif, yang merasa malu karena putri mereka yang berusia 38 tahun belum berumah tangga. "Mereka tak bakal membawaku ke acara pertemuan, karena tak mau orang tahu, anak gadis mereka dengan usia setua ini belum menikah," kata dia. Takut dianggap tak normal.

Ayahnya bakal mengancam akan "membuangnya" jika ia tak menikah sebelum akhir tahun. Kalau sampai itu terjadi, Chen dipaksa tinggal dengan orangtuanya.

Padahal, sebagai perempuan, Chen tahu benar pria seperti apa yang ingin ia jadikan pasangan, untuk seumur hidupnya: jujur, bertanggung jawab, dan lelaki yang bisa menjadi pasangan yang baik. Ia belum menemukannya hingga kini.

Sementara, media pemerintah kerap menyampaikan pesan yang menyerang perempuan berpendidikan, yang dianggap terlalu "pilih-pilih".

"Perempuan cantik tak butuh sekolah tinggi-tinggi untuk menikahi pria dari keluarga kaya dan berkuasa. Namun perempuan jelek mungkin menemui kesulitan," demikian kutipan dari artikel berjudul "Perempuan Sisa Tak Berhak Dapat Simpati" yang dipublikasikan situs All-China Federation of Women, Maret 2011.

"Gadis-gadis ini (tak cantik) berharap melanjutkan pendidikan mereka dalam rangka meningkatkan posisi tawar. Mereka tidak sadar pada saat mereka mendapatkan gelar MA atau PhD, mereka sudah tua - seperti mutiara menguning."

Tak ayal artikel itu memicu protes. "Media harus berhenti menggunakan istilah itu, dan harus menghormati hak-hak asasi perempuan," kata Fan Aiguo, Sekjen China Association of Marriage and Family Studies.

Bagi Ellisa, eksekutif muda berusia 29 tahun, menikah atau tidak menikah adalah pilihan. "Hidup sendiri berarti saya bisa melakukan apapun yang saya suka. Aku bisa bergaul dengan teman-teman setiap kali saya mau," kata dia.

"Saya mencintai pekerjaan saya, dan bisa melakukan banyak hal sendiri - seperti membaca, ke bioskop, apapun," kata dia. Bagi Ellisa, kebahagiaan tidak bergantung pada pasangan.

Sumber : liputan6.com

Sepasang Kekasih Nekat Bunuh Diri Telanjang karena Cinta Tak Direstui ..

|0 komentar

Cinta Tak Direstui, Sepasang Kekasih Nekat Bunuh Diri Telanjang

Guangzhou
: Mengikrarkan cinta sehidup semati, sepasang kekasih di China nekat bunuh diri, mati bersama-sama. Dengan cara terjun dari jembatan tanpa mengenakan busana alias telanjang.

Aksi mereka membuat heboh warga yang melintas di jalan Kota Guangzhou, Provinsi Guangdong, China. Keadaan jembatan seketika menjadi ramai. Para pengendara yang melintas banyak yang berhenti untuk menonton aksi sejoli tersebut. Jalanan pun menjadi macet.

Beberapa warga yang berhenti mencoba mendekati untuk membujuk pasangan tersebut, agar menghentikan aksi bunuh diri. Namun sepasang kekasih itu kukuh menolak. Mereka berkoar, hubungan mereka tidak direstui orang tua dan mendeklarasikan cinta sejati mereka.

"Orang tua kami tidak setuju menyetujui hubungan kami. Itu sangat menyakitkan bagi kami. Padahal, kami selalu ingin bersama. Ini sebagai bukti kepada semua orang bahwa kami akan selalu bersama dalam situasi apapun," teriak mereka, saat dibujuk warga, seperti dikutip Orange.co.uk, 21 Februari 2013.

Mereka tidak menghiraukan ajakan warga. Suasana pun semakin tegang, saat dua sejoli mulai mencoba terjun dari jembatan setinggi 30 kaki atau 9 meter itu. Tak lama, polisi tiba di lokasi untuk membujuk pasangan tersebut.

Beruntung, sepasang kekasih akhirnya luluh. Mereka menghentikan aksinya di tengah kerumunan para warga. "Kami terus membujuknya. Evakuasi sempat terhambat karena angin cukup kencang. Akhirnya mereka mau. Keduanya langsung diberi selimut karena kedinginan," kata juru bicara kepolisian. (Riz)

Sumber : liputan6.com

Pengakuan Ahmad Dhani : Saya Sudah Berkali-Kali Nikah!

|0 komentar
Ahmad Dhani: Saya Sudah Berkali-Kali Nikah!
Ahmad Dhani (Liputan6.com/Irwan Fauzi)

Ahmad Dhani akhirnya mengakui, setelah bercerai dari Maya Estianti, ia sudah beberapa kali menikah. Benarkah salah seorang wanita itu Mulan Jameela?

"Yang bilang saya nggak kawin siapa? Kata siapa? Saya nggak pernah jadi bujangan. Seumur hidup saya nggak pernah jadi bujangan. Ya bayangin aja," cetus Dhani, saat ditemui di Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Kamis (21/2/2013).

Dhani juga mengatakan, setelah bercerai dengan Maya, ia sudah menikah dan kawin beberapa kali. Meski entah pernyataan tersebut serius atau cuma candaan.

"Kalau ditanya sudah kawin berapa kali, ya sudah berkali-kali. Kalau sudah nikah, ya sudah berkali-kali saya nikah," katanya.

Ketika didesak soal istri, boss Republik Cinta Management itu mengatakan, semua wanita yang dinikahinya adalah istri asli.

"Semua asli, masa palsu. Tapi benar ya nggak usah dikasih tahu. Nabi Daud istrinya 100 kok, orang nggak yang tahu siapa saja," sambung Dhani.

"Enjoy lah. Ya itu rahasianya, kawin berkali-kali," celetuknya.

Sumber : liputan6.com

Astaga ..... Ketua DPRD Usir Anak dan Istri demi Nikahi Bekas Pacar Anaknya

|0 komentar
Ketua DPRD Usir Anak dan Istri demi Nikahi Bekas Pacar Anaknya Tribun Timur/Muh. Abdiwan Andi Asni (39) asal Maroangin Kecamatan Maiwa, Enrekang, mantan istri Ketua DPRD Kabupaten Enrekang, Andi Natsir, memperlihatkan foto pernikahan ketua DPRD Enrekang tersebut usai jumpa pers di warkop pelni jalan pelita Makassar, Rabu (20/2/2013)

Demi bisa menikah seorang gadis belia, Ketua DPRD Kabupaten Enrekang, Andi Natsir, tega mengusir istrinya sendiri, Andi Asni (39), serta anak kandungnya, dari rumah jabatan Ketua DPRD.

Andi Natsir mengusir istri dan anaknya, setelah keduanya menemukan foto Andi Natsir bersama seorang gadis belia. Perempuan di foto tersebut adalah mantan pacar anak Andi Natsir, yang diketahui baru berusia 19 tahun, dan baru lulus SMA.

Dalam jumpa pers yang digelar di sebuah warung kopi di Jalan Pelni Pelita Raya, Makassar, Rabu (20/2/2013) kemarin, Andi Asni yang didampingi pengurus Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM serta LBHP2I Indonesia Sulawesi Selatan, membeberkan perlakuan sang suami.

Selain diusir dari rumah, Andi Asni juga mengaku selama ini kerap mendapat perlakuan kasar. Tak hanya itu, Andi Asni juga dituduh sebagai pihak yang berselingkuh dalam pertimbangan putusan perkara perceraiannya, yang kini bergulir di Pengadilan Agama Kabupaten Enrekang.

Sementara itu, Ketua PBHI Wilayah Sulsel, Wahidin Kamase, yang mendampingi Andi Asni, menilai perilaku Andi Natsir tidak bisa lagi ditoleransi. "Perbuatan itu sangat tercela dan terkutuk. Sebagai pejabat publik yang bersangkutan harusnya memberikan contoh yang baik, bukan sebaliknya," ujar Wahidin.

Wahidin pun mengancam akan melaporkan perilaku Andi Natsir kepada badan kehormatan DPRD Enrekang. Dia berharap kasus tersebut bisa menjadi perhatian, sehingga pejabat yang bersangkutan mendapat sanksi.


Wuih! Kereeen .... Celana Dalam Tahan Bom Beredar di Uni Emirat Arab

|0 komentar

Abu Dhabi, - Wuih! Celana dalam tahan bom kini telah beredar di pasaran di Uni Emirat Arab. Celana dalam antibom ini diluncurkan setelah melewati serangkaian uji coba produk di sebuah laboratorium di Belanda, yang membuktikan produk ini tahan dalam serangan granat dan tembakan.

Celana dalam inovatif ini dipasarkan untuk para personel militer dan staf diplomatik yag bertugas di zona konflik. Namun celana ini juga ditujukan bagi para pebisnis tingkat tinggi yang ingin melindungi bagian vital mereka dari para penembak.

Demikian seperti dilansir surat kabar 7days, Kamis (21/2/2013).

Produk ini terbuat dari bahan Polyethelene yang lentur. Bahannya yang ringan membuat celana ini bisa digunakan seperti memakai celana dalam biasa. Celana ini mulai beredar di Abu Dhabi pekan ini dengan dipamerkan di acara IDEX, pameran senjata terbesar di Timur Tengah.

Celana dalam ini diproduksi oleh Blucher, perusahaan pembuat perlengkapan militer yang berbasis di Belanda, telah membuat celana dalam antibom. Lantas berapa harganya? Pihak Blucher menolak menyebutkan harga celana dalam yang baru dirilis ini.

"Itu tergantung model celana dalamnya dan kebutuhan pelanggan," kata manajer sales Blucher, Michael Fiedler.

Sumber

Raffi Ahmad Dekati Wanita Lebih Tua, Apa Kata Seksolog?

|0 komentar
Wanda Hamidah-Raffi Ahmad-Yuni Shara

Kabar hubungan asmara antara Raffi Ahmad dan Wanda Hamidah terus berhembus. Terlebih setelah dua foto pribadi mereka sempat bocor ke dunia maya dan menjadi pembicaraan hangat.

Ketertarikan Raffi kepada Wanda, perempuan yang usianya jauh lebih matang darinya, tentu menjadi topik yang cukup menarik. Berbagai pendapat muncul. Ada yang menganggapnya aneh namun tak sedikit yang mendukung keputusan Raffi.

Sebelumnya, hubungan Raffi dengan Yuni Shara pun menyedot banyak perhatian meski keduanya  memutuskan untuk mengakhiri hubungan asmara mereka.

Lantas apa komentar seksolog cantik Zoya Amirin mengenai ketertarikan Raffi kepada sosok perempuan yang jauh lebih matang? "Enggak ada penyimpangan seks sih, itu biasa aja. Itu kan karena dia berhubungan dengan wanita yang lebih tua," kata Zoya saat ditemui di Jakarta beberapa waktu yang lalu.

Zoya menilai wajar bila Raffi mendekati wanita lebih tua dan itu bukan sebuah penyimpangan seksual. Menurutnya, ada beberapa faktor kenapa pria, seperti Raffi, lebih suka wanita yang lebih matang, salah satunya ingin mendapat perhatian lebih.

"Kalau dibilang gangguan seks itu enggak bisa dibilang seperti itu ya. Mungkin itu karena dia butuh perhatian dari wanita yang disayanginya. Wanita yang dia kencani kan wanita yang sudah mapan," jelas Zoya.

Lebih jauh Zoya mengatakan paradigma kebanyakan masyarakat di Indonesia yang belum terbiasa dengan hubungan semacam itu, sehingga terkadang menjadikan hubungan Raffi dengan Yuni Shara atau Wanda Hamidah dinilai terlalu berlebihan.  "Padahal itu sesuatu yang wajar saja," ujarnya.

Sumber

Rabu, 20 Februari 2013

LIGA CHAMPIONS : Schalke Tahan Imbang Galatasaray 1-1 di Istanbul

|0 komentar

Para pemain Schalke, rayakan gol Jermaine Jones. (Getty Images)

Galatasaray ditahan imbang 1-1 oleh Schalke pada leg pertama babak 16 besar Liga Champion di Ali Sami Yen Turk Telekom Arena, Kamis (21/2) dini hari WIB. Gol Galatsaray dicetak Burak Yilmaz dan torehan Jermaine Jones sebelum babak pertama berakhir membuat keunggulan tuan rumah menjadi buyar.

Babak pertama berjalan satu menit, tim tamu, Schalke, melakukan usaha menyerang ke jantung pertahanan Galatasaray. Tendangan keras Jermaine Jones dengan baik ditepis oleh kiper Fernando Muslera. Sementara itu Galatasaray mencoba melakukan tembakan tetapi sayang tidak menemui target tendangan yang dilakukan Burak Yilmaz dan Sabri Sarioglu.

Baru pada menit ke-12 para suporter Galatasaray bersorak sorai. Umpan dari Selcuk Inan diteruskan Burak Yilmaz dengan sentuhan sedikit dengan kaki luarnya. Alhasil bola melewati penjagaan pemain belakang Schalke dan Yilmaz dengan tembakan keras mengarahkan bola ke dalam gawang. Timo Hildebrand tidak dapat menangani bola sekeras itu, Galatasaray 1-0 Schalke.

Galatasaray mendapatkan peluang untuk menambah gol dari Didier Drogba. Akan tetapi tendangan kerasnya dapat ditepis Hildebrand dengan kakinya. Lalu bola lepas disambar Hamit Altintop tetapi masih mengenai mistar gawang.

Schalke berhasil menyamakan skor dua menit sebelum babak pertama usai. Diawali dari kesalahan yang dilakukan Dany Nounkeudi tengah lapangan. Jefferson Farfan langsung membawa bola ke arah kotak penalti. Lalu ia melepaskan umpan tarik ke Jermaine Jones. Dengan keras Jones melepaskan tendangan dan bola menggetarkan gawang yang dijaga Muslera. Hingga berakhirnya babak pertama skor masih sama imbang 1-1.

Babak kedua berjalan 20 menit, Schalke lebih banyak menekan pertahanan Galatasaray. Namun kesempatan yang diperoleh Riera dan Michel Bastos belum dapat menjadi gol. Hasil imbang 1-1 masih bertahan.

Sementara itu Galatasaray tidak ingin hasil imbang menjadi akhirnya. Yilmaz kembali mendapatkan peluang tetapi hasil tendangannya masih melenceng. Begitu juga dengan Sabri Sarioglu yang menendang bola dari luar kotak penalti. Hildebrand dengan gemilang menyelamatkannya.

Hingga pertandingan berakhir skor masih sama 1-1. Leg kedua akan dilakukan di Veltins-Arena pada 13 Maret 2013.

****

Susunan pemain:

Galatasaray: Muslera, Nounkeu, Kaya, Sarioglu (Bulut 84'), Altintop (Eboue 66'), Inan, Felipe Melo, Riera, Sneijder (Amrabat 46'), Drogba, Yilmaz

Schalke: Hildebrand, Hoewedes, Matip, Kolasinac, Bastos, Hoeger, Jones, Draxler (Barnetta 84'), Neustaedter, Farfan, Huntelaar (Pukki 75')

Sumber : www.bolanews.com

LIGA CHAMPIONS : Terus Menyerang, Barcelona Kalah 0-2 dari AC Milan

|0 komentar

Prince Boateng dan Muntari, menjadi penentu kemenangan Milan atas Barcelona. (Claudio Villa/Getty Images)

Pertandingan antara tuan rumah AC Milan berhadapan dengan Barcelona pada leg pertama babak 16 besar Liga Championberkesudahan untuk kemenangan AC Milan dengan skor 2-0. Barcelona yang bermain terus menekan pertahanan Milan dengan ball possession 39 persen bagi Milan dan 61 persen bagi Barcelona, tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh pemain klub asal Catalan itu.

Pertandingan semula berjalan berimbang pada 10 menit pertama. Milan dan Barcelona berhasil silih berganti menyerang. Namun selepas itu, penguasaan bola ala Barcelona berhasil membuat Milan hanya bisa bertahan sepanjang babak pertama. Hanya sesekali para pemain Milan dapat melakukan penyerangan, namu selalu kandas karena kurangnya dukungan dari rekan-rekannya.

Namun pertahanan baik yang dilakukan Milan, berhasil meredam semua serangan yang masuk kejantung pertahanan Milan tanpa membuat Christian Abbiati bekerja keras. Hampir semua serangan Barcelona dapat dibendung oleh lini tengah dan belakang Milan. Dengan demikian, hasil imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, pertandingan tidak berubah seperti layaknya babak pertama. Barcelona terus menguasai bola dan mengatur jalannya pertandingan, namun lagi-lagi para pemain Milan berhasil meredam semua serangan Barcelona.

Gol yang tidak disangka-sangka oleh seluruh pendukung Milan pun akhirnya lahir pada menit ke-57 melalui sepakan mendatar Prince Boateng yang mendapat bola pantulan dari Christian Zapata akibat tendangan bebas yang dilakukan oleh Philippe Mexes. Bola yang memantul tepat di hadapannya langsung disambar ke mulut gawang yang tidak dapat dihadang Victor Valdes.

Proses terjadinya gol ini sebenarnya sangat kontrofersional, karena sebelum bola diterima oleh Boateng, terlihat telah terjadi dua handsball yang dilakukan oleh Gerard Pique dan Zapata. Namun wasit entah tidak melihat hal itu atau menganggap pelanggaran dilakukan oleh Pique, maka ia melanjutkan pertandingan dan mensyahkan gol dari Boateng. 1-0 untuk Milan.

Setelah gol pertama tercipta, pertandingan masih belum berubah. Barcelona terus memegang kendali jalannya laga. Namun pada menit ke-80, Milan berhasil melakukan serangan balik cepat yang membuat lini pertahanan Barcelona kocar0kacir dan hanya terfokus kepada Mbaye Niang yang berhasil mengalahkan Puyol dalam perebutan bola.

Bola lantas disodorkan Niang ke El Shaarawy dan diteruskan lagi ke Sulley Muntari. Muntari yang menerima bola matang dari El Shaarawy langsung melepaskan tendangan keras yang tidak dapat diantisipasi dengan baik oleh Valdes. Skor pun berubah menjadi 2-0 untuk AC Milan.

Sepanjang panjang laga, Barcelona yang tidak memiliki kemampuan baik dalam melepaskan tendangan jarak jauh, membuat Lionel Messi dan Andres Iniesta tampak frustasi dalam melakukan serangan. Hasil ini akan memudahkan jalan Milan untuk melenggang ke babak perempat final sekaligus mengubur impian Barcelona untuk melenggang lebih jauh di Liga Champion pada musim 2012/13.

Susunan Pemain:

AC Milan XI: Abbiati, Abate, Zapata, Mexes, Constant, Ambrosini, Montolivo, Muntari, Boateng, Pazzini (73' Niang), El Shaarawy (87' Traore)

Sub Milan: Amelia, De Sciglio, Bojan, Cristante, Yepes

FC Barcelona XI: Valdés, Alves, Piqué, Puyol (88' Mascherano), Alba, Sergio, Xavi, Iniesta, Cesc (62' Sanchez), Pedro, Messi

Sub Barcelona: Pinto, Montoya, Song, Thiago, Tello

Gol: 1-0 (57' Boateng), 2-0 (80' Muntari)

Kartu kuning: Mexes, Traore (Milan), Sergio Busquets, Pique (Barcelona)


Sumber : www.bolanews.com

5 Joget paling fenomenal sejagat

|0 komentar

Belakangan ini, dunia dihebohkan dengan bermunculannya berbagai tarian yang fenomenal. Sebut saja Gangnam style yang sudah mencuri perhatian dunia sejak tahun lalu. Kini, masyarakat kembali diguncang dengan kehadiran Harlem shake.

Jika menilik ke belakang, ternyata tarian atau joget fenomenal semacam ini sudah ada sejak dulu. Sampai sekarang mungkin di antara kita masih ada yang mengingat salah satu tarian tersebut. Daripada penasaran, yuk intip lima joget paling fenomenal sejagad.

1. Harlem shake

Peselancar dunia maya kembali dihebohkan dengan video Harlem shake. Video dengan gerakan konyol berdurasi sekitar 30 detik ini mampu mengocok perut bagi siapa saja yang menontonnya. Seperti yang dilansir timeslive, Video ini sudah ditonton 44 juta kali.  Dalam sehari ada 4.000 video Harlem shake yang diunggah.

5 Joget paling fenomenal sejagat

Tidak ada aturan resmi dalam tarian ini. Penari bebas menggerakkan anggota badannya serta mengenakan kostum mulai dari helm, masker untuk menyembunyikan identitasnya. Video dimulai dengan satu orang yang memakai masker, lalu dia bergoyang tanpa peduli orang lain di sekitarnya. Tak lama kemudian orang lain tersebut juga ikut bergoyang dengan gila.

Harlem shake sendiri sudah ada sejak tahun 1980-an dan terkenal lewat lagu remix yang dipopulerkan oleh DJ Baauer.

2. Gangnam style

Tarian ala kuda ini mungkin sudah tak asing lagi. Rapper asal Korea Selatan, Psy, mampu mengguncang dunia hanya dengan tarian ini. Video ini mulai diunggah sejak pertengahan Juli 2012 lalu dan sudah ditonton 150 juta kali, dikutip dari nbcnews

5 Joget paling fenomenal sejagat

Tarian berkuda ala Psy merupakan perpaduan shuffle dance dengan gaya menunggang kuda. Gerakannya yang unik, musik yang asik dan penampilan Psy yang menggelitik mampu memikat hati penonton. Mulai dari anak-anak, dewasa, tentara dan selebritis pun mampu menirukan Gangnam style.

3. Macarena

"E... Macarena," kata ini mungkin sudah familiar di telinga Anda. Ya, Macarena merupakan salah satu lagu dan tari yang paling terkenal di dunia. Single ini pertama kali dirilis 15 Agustus 1995 oleh duo asal Spanyol bernama Los Del Rio. Lagu Macarena juga pernah bertengger di posisi satu chart musik Amerika selama 14 minggu berturut-turut. 

5 Joget paling fenomenal sejagat

Tarian ini mudah dan bisa dipelajari, sekilas gerakannya seperti senam. Untuk melakukan tarian ini Anda harus menghafal delapan gerakan, seperti yang dikutip macarena. Putar lagu Macarena dan mulailah bergoyang.

4. Asereje

Masih ingatkah Anda dengan lagu Asereje? Lagu dan tarian asal Spanyol ini juga pernah menggoyang seluruh dunia karena gerakan tangannya yang khas. Asereje pertama kali dibawakan oleh trio Last Ketchup di tahun 2002.

5 Joget paling fenomenal sejagat

Gerakan tarian ini energik ditambah musik yang ceria membuat Asereje makin populer di seluruh dunia. Namun sayang, lagu tersebut pernah mendapat kecaman karena liriknya dianggap memuja setan.

5. Shuffle

Shuffle dance lebih berbeda dengan tarian lainnya karena lebih
mengandalkan kaki. Cara melakukan tarian ini dengan menyeretkan kaki ke belakang, samping dan depan.

Untuk membuat tarian mudah, beberapa penari membubuhi bedak di lantai di bawah kaki mereka, agar mereka meluncur lebih mudah seperti yang dilansir dari iloveindia. Hal ini juga membantu dalam menggabungkan berputar 360 derajat atau melompat ke dalam gerakan mereka. Tarian yang dikenal sejak 1980-an ini juga dibawakan dalam video klip LMFAO pada lagu “Party Rock Anthem�. Mereka menampilkan sebuah tarian yang sangat menarik, menghentak-hentak, dan penuh semangat.

Sumber : merdeka.com


Note : Layak gak Goyang Inul masuk daftar ..??       


Selasa, 19 Februari 2013

Joke Siang : Beragam perlambang sifat manusia dengan nama hewan.

|0 komentar
Seringkali nama hewan dijadikan perlambang perilaku manusia. Dan anehnya hewan gak pernah protes ...he..he . Inilah sebagian perlambang tersebut :

Hewan yg rajin belajar adalah Kutu Buku


Hewan yg suka gonta-ganti pasangan adalah Buaya Darat

Hewan yg suka mencuri adalah Babi Ngepet


Hewan yg sering disalahkan adalah Kambing Hitam

Hewan yg masuk kuliah adalah Ayam Kampus



Hewan yg jago silat adalah Kura-Kura Ninja

Hewan yg selalu keringatan adalah Cacing Kepanasan

Hewan yg ditakuti para pengusaha kecil adalah Lintah Darat


Hewan yg sering keluar malam adalah Kupu-Kupu Malam



Hewan yg jadi korban pemerasan adalah Sapi Perah




Hewan yg ada di balik batu adalah Udang




Hewan yg suka kumpul adalah Kebo



Hewan yg berprofesi sebagai maling adalah Kucing Garong


Hewan yg suka mencuri uang negara adalah Tikus Kantor


Kalau ada yang mau nambahin ..??


Ini Dia, Alat Deteksi "Perselingkuhan"

|0 komentar
Deepti Puranaik mencoba poligraf pada wartawan BBC Rajini Vaidyanathan.

Penggunaan alat tes kebohongan meningkat pesat di India untuk menguji suami atau istri yang menyeleweng atau pegawai yang tidak jujur.

Salah seorang yang menggunakan poligraf atau alat uji kebohongan ini adalah ilmuwan Deepti Puranaik dari perusahaan Helik Advisory.

Setiap minggu ia melakukan sejumlah tes untuk klien swasta yang membayar antara 150 sampai 300 dollar AS untuk menentukan apakah seseorang berbohong atau tidak.

"Ada sejumlah kasus penyelewengan di mana seorang istri mencurigai suaminya," kata Puranaik kepada wartawan BBC Rajini Vaidyanathan di Mumbai.

"Kasus lain termasuk pencurian di perusahaan dan pihak manajer ingin mengetahui siapa yang terlibat," tambahnya.

Sejumlah kasus lain, perusahaan ingin menguji integritas para calon karyawan.

Perusahaan yang telah berjalan selama satu tahun itu mengatakan, permintaan uji kebohongan itu meningkat setiap hari.

Sejumlah faktor pemicu adalah kerahasiaan yang ingin dipertahankan para klien.

Akurat 80 persen

"Banyak orang tidak ingin ke polisi karena lebih menyita waktu dan apa pun yang dilaporkan ke polisi dapat diketahui publik," kata direktur Helik, Rukmani Krisnamurthy.

"Sejumlah klien datang karena mereka tidak ingin pihak luar tahu pencurian yang terjadi di perusahaan mereka," tambahnya.

Siapa pun yang menjalani uji kebohongan ini harus menandatangani persetujuan dan menjalani serangkaian wawancara.

Puranaik mengatakan, dengan uji poligraf ini dapat diketahui bahwa seseorang jujur atau bersalah.

Namun, ia mengakui alat ini tidak dapat diandalkan sepenuhnya.

"Akurasi alat ini sekitar 80 persen," kata Puranaik.

Alat poligraf digunakan dengan mengukur sejumlah perubahan dalam badan, termasuk tekanan darah, keringat, dan napas.

Alat ini ditemukan tahun 1917 oleh ilmuwan Amerika, William Marston, yang juga membuat karakter komik Wonder Woman.

Peralatan ini telah lama digunakan di India, termasuk oleh polisi.

Woww ... Ternyata Memiliki Jenggot Banyak Manfaatnya..!

|0 komentar


Memelihara jenggot dan kumis tampaknya kini sedang menjadi tren di kalangan para pesohor dunia. Mereka antara lain George Clooney dan Ben Affleck, yang tampak semakin tampan dengan dagu ditutupi jenggot tebal.

Meski sebagian besar wanita menyukai wajah pasangannya bersih dan licin, ternyata cukup banyak manfaat memelihara jenggot, antara lain melindungi kulit wajah dari sinar matahari.

Menurut penelitian awal yang dilakukan tim dari Universitas Southern Queensland,  disebutkan bahwa pria yang wajahnya berjenggot dan berkumis memiliki paparan sinar UV sepertiga lebih sedikit dibanding yang wajahnya bersih.

Penelitian itu dilakukan di daerah Outback dengan menghitung paparan sinar matahari pada mannequin yang diberi berewok, dan yang tidak, sebagai pembanding. Penelitian itu menggunakan teknik dosimetrik yang mengukur jumlah radiasi yang diserap pada waktu tertentu.

Secara umum diketahui bahwa janggut lebat memberikan perlindungan terhadap sinar matahari 90-95 persen, tergantung kelebatan rambut.

"Rambut memang memiliki perlindungan yang baik terhadap matahari. Ini seperti faktor SPF, makin tebal makin terlindungi," kata dr Nick Lowe, ahli dermatologi dari London.

Lowe mencontohkan, para peselancar yang botak cenderung mengalami kerusakan kulit akibat sinar matahari, bahkan prakanker pada kepalanya.

Teori lain menunjukkan, janggut yang tebal dan keriting juga memecah radiasi ultraviolet. "Cahaya berjalan di garis lurus, tetapi jika rambut keriting, maka gelombang cahaya akan terpecah sehingga lebih sulit mencapai permukaan bawah kulit," kata Sallis, konsultan trichologist.

Mencegah asma

Sementara itu, pria berkumis cenderung memiliki risiko asma lebih rendah, terutama yang dipicu oleh serbuk sari. Hal ini karena kumis yang mencapai area hidung akan mencegah alergen masuk ke hidung dan terhirup paru-paru.

"Tetapi jika disebabkan oleh debu tentu tak bisa dihadang karena ukurannya mikroskopik," kata dr Rob Hick.

Pendapat lain menyebutkan, janggut yang tumbuh di leher dan dagu juga bisa mencegah seseorang terkena flu karena temperatur di sekitar leher lebih hangat. "Makin hangat kita menjaga suhu tubuh dan banyak minum air, maka makin cepat kita sembuh dari flu," katanya.

Keuntungan lain dari memelihara jenggot adalah menghindari infeksi kulit yang terjadi akibat kulit terluka saat bercukur.

Sumber : Dailymail

Ada Apa dengan Grup Bakrie?

|0 komentar


Perusahaan keluarga Bakrie saat ini dikabarkan sedang menjual beberapa aset unggulnya. Apakah ini mengindikasikan bisnis keluarga Bakrie terpuruk?

Pakar pengelolaan perusahaan keluarga, AB Susanto, menyayangkan apa yang telah dilakukan keluarga Bakrie selama ini. Padahal, bisnis keluarga Bakrie ini sudah menggurita di semua lini bisnis.

"Ada miss match manajemen di perusahaan keluarga Bakrie, khususnya dalam hal pengelolaan keuangan. Ini yang seharusnya tidak perlu terjadi," kata Susanto kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Menurut Susanto, pengelolaan keuangan yang dinilai tidak tepat ini disebabkan karena perusahaan memakai utang jangka panjang untuk membiayai usaha yang memiliki jangka pendek. Begitu pula sebaliknya.

Susanto menganggap hal tersebut lumrah dijalankan oleh perusahaan-perusahaan keluarga Bakrie, khususnya di zaman Orde Baru. Di zaman itu, model-model bisnis seperti ini berkembang pesat. Namun, bila diterapkan di zaman demokrasi seperti saat ini, kondisi tersebut sudah kurang tepat.

"Mereka juga terlalu berspekulasi tinggi. Ini yang berbahaya," tambahnya.

Solusinya, keluarga Bakrie harus segera merevitalisasi keuangannya agar dapat berbisnis secara sehat.

Seperti diberitakan, Grup Bakrie telah menetapkan niat hengkang dari Bumi Plc. Namun, ada masalah lagi yang melanda, sebab Grup Bakrie harus menyediakan dana 278 juta dollar AS untuk membeli kembali saham (buyback) PT Bumi Resources Tbk (BUMI) milik Bumi Plc.

Pembayaran buyback harus sudah selesai sebelum Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Bumi Plc pada 21 Februari. Karena alasan tersebut, Grup Bakrie gencar mencari dana.

PT Bakrieland Development Tbk (ELTY) melalui PT Bakrie Swastika Utama dikabarkan menjual lahan di Rasuna Epicentrum. Total nilainya Rp 2,5 triliun. Selain itu, ELTY juga telah menjual Bakrie Toll Road (BTR) dan Lido senilai Rp 3 triliun. Kemudian PT Bakrie Sumatra Plantations Tbk (UNSP) telah menjual lahan sawit seluas 16.000 hektar. UNSP juga ingin menjual perusahaan olekimia Grup Domba Mas 470 juta dollar AS. Bakrie juga dikabarkan ingin menjual 51 persen saham di PT Visi Media Asia Tbk .

Sumber : kompas.com

LIGA CHAMPIONS : Berkat Moutinho, Porto Tumbangkan Malaga

|0 komentar
Gelandang serang FC Porto, Joao Moutinho. merayakan golnya ke gawang Malaga dalam laga perdana 16 besar Liga Champions di Stadion Dragao, Selasa (19/2/2013). Porto akhirnya menang 1-0.

FC Porto mengantongi kemenangan berharga di Stadion Dragao, Selasa atau Rabu (20/2/2013) dini hari WIB. Gol semata wayang Joao Moutinho sudah cukup membuat Malaga pulang dengan tangan hampa.

Sebelum pertandingan, Malaga memenangi empat dari 10 laga pada 2013. Namun, peringkat Liga BBVA mereka naik dari keenam menjadi keempat.

Sementara Porto mengandalkan Jackson Martinez. Pria berusia 26 tahun itu menjadi top scorer di Portugal dengan suntingan 20 gol plus tiga suntingan di Liga Champions

Dan, benar. Hanya dua menit setelah peluit kickoff ditiupkan Mark Clattenburg, Martinez mendapat peluang di depan area 16. Namun, tembakannya berhasil diblok pemain Malaga.

Pada menit ke-18, Porto nyaris memimpin. Dari sebuah sepak pojok, Silvestre Varela berdiri bebas dan berhasil mengirimkan sundulan. Namun, bola hanya menyisir muka gawang Malaga hingga menyamping tanpa berbuah maksimal.

Lima menit kemudian, bek Porto, Danilo, coba berspekulasi dengan sepakan jarak jauh. Bola hanya melambung melampaui gawang kawalan Wilfredo "Willy" Caballero.

Saat laga berjalan setengah jam, sepakan Joao Martinez mengarah tepat ke gawang Malaga. Namun, Willy dapat mengantisipasinya dengan posisi yang tepat.

Hingga menit ke-35, Porto menguasai 65 persen pertandingan dan mengurung pertahanan Malaga. Tak sekalipun pasukan Manuel Pellegrini diberi kesempatan keluar menyerang.

Enam menit sebelum turun minum, Danilo kembali melesakkan tembakan jarak jauh. Sayangnya, bola hanya menyamping di sebelah kanan jala Willy.

Sampai jeda, kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Saat paruh kedua berjalan delapan menit, Porto kembali mendapatkan peluang. Kali ini, pemain pengganti dari Rusia, Marat Izmailov, gagal mencocor bola yang deras menyisir bibir gawang Malaga.

Tiga menit kemudian, Porto menuai hasil maksimal ketika umpan tarik Alex Sandro dislot dengan brilian oleh Moutinho. Caballero teperdaya sementara bola meluncur di antara kedua kakinya.

Pada menit ke-76, Lucho Gonzalez mencoba peruntungan dengan sepakan spekulasi. Bola melejit ke sasaran, tetapi Caballero gemilang mementahkan.

Hingga bubaran, skor 1-0 untuk Porto tak berubah. Raksasa Portugal itu pun mengantongi peluang besar melangkah ke 8 besar dan Malaga harus tampil sempurna memenangi pertandingan di Stadion La Rosaleda, dua pekan lagi, kalau masih berambisi melangkah ke perempat final.

Susunan Pemain
Porto (4-3-3):
1-Helton; 2-Danilo, 30-Nicolas Otamendi, 22-Eliaquim Mangala, 26-Alex Sandro; 3-Lucho Gonzalez, 25-Fernando, 8-Joao Moutinho; 15-Marat Izmailov (27-Christian Atsu 70), 9-Jackson Martinez, 17-Silvestre Varela (10-James Rodriguez 58)
Pelatih: Vitor Pereira

Malaga (4-4-2): 13-Wilfredo Caballero; 21-Sergio Sanchez, 5-Martin Demichelis, 3-Weligton, 25-Vitorino Antunes; 7-Joaquin (27-Francisco Portillo 63), 8-Jeremy Toulalan, 16-Manuel Iturra (6-Ignacio Camacho 78), 22-Isco; 10-Julio Baptista (12-Lucas Piazon 78), 24-Roque Santa Cruz
Pelatih: Manuel Pellegrini
Wasit: Mark Clattenburg (Inggris)

Sumber : kompas.com

LIGA CHAMPIONS : Tiga Gol Bayern Tumbangkan Arsenal

|0 komentar

Gelandang Arsenal, Jack Wilshere (kiri) saat berada diantara para pemain Bayern Muenchen yang merayakan gol keduanya ke gawang The Gunners di babak 16 besar Liga Champions, Selasa (19/2/2013). Arsenal takluk 1-3 dari Bayern dalam laga tersebut.

Bayern Muenchen sukses mengalahkan Arsenal 3-1 pada babak 16 besar Liga Champions di Stadion Emirates, Selasa atau Rabu (20/2/2013). Tiga gol Bayern dicetak Toni Kroos, Thomas Muller, dan Mario Mandzukic. Sementara tim tuan rumah memangkas skor lewat Lukas Podolski.

Arsenal lebih dulu mengambil inisiatif menyerang. Pada menit ketiga, Jack Wilshere dengan cerdik mengirimkan umpan terobosan kepada Santi Cazorla di sisi kanan lapangan. Namun, kesempatan itu gagal membuahkan hasil karena bola umpan silang Cazorla masih dapat dipotong dengan baik oleh Manuel Neuer.

Terus diserang, Bayern mencoba keluar tekanan. Alhasil, usaha mereka pun membuahkan hasil karena Kroos mampu membungkam pendukung tim tuan rumah setelah sukses mencetak gol pada menit ketujuh. Memanfaatkan umpan silang Muller, Kross melepaskan tendangan first time yang tak mampu dihalau Szczesny.

Theo Walcott sempat membuat barisan pertahanan bekerja keras lima menit berselang. Berawal dari serangan balik, gelandang asal Inggris itu melakukan penetrasi ke jantung pertahanan Bayern. Beruntung, kesempatan itu gagal dimanfaatkan dengan baik sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok bagi The Gunners.

Berusaha untuk menyamakan kedudukan, Arsenal justru harus kembali kebobolan pada menit ke-21 lewat kreasi Muller. Berawal dari tendangan pojok yang kemudian disambut sundulan Daniel van Buyten. Namun, Szczesny tak sempurna menepis bola sundulan itu yang kemudian langsung disambar Muller untuk mengubah skor menjadi 2-0 untuk Bayern.

Ketinggalan dua gol, tim tuan rumah kembali mencoba menekan Bayern untuk memangkas selisih skor. Namun, sejumlah peluang Theo Walcott dan kawan-kawan kerap menemui kebuntuan karena barisan pertahanan tim tamu tampil cukup disiplin.

Pada menit ke-37 misalnya, ketika Walcott mendapatkan peluang setelah mampu memanfaatkan kesalahan pemain belakang Bayern, David Alaba. Namun, setelah beraksi menusuk jantung pertahanan Bayern, bola tendangannya masih dapat diblok bek lawan.

Selepas turun minum, Arsenal akhirnya mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-2 melalui gol Podolski pada menit ke-55. Bomber asal Jerman itu sukses menyarangkan bola ke gawang Neuer setelah mampu memaksimalkan umpan tendangan pojok Jack Wilshere.

Di paruh kedua ini, permainan Arsenal membaik. Banyak mengandalkan aksi Walcott dan Cazorla di sisi sayap, The Gunners beberapa kali mampu membuat barisan pertahanan Bayern harus bekerja keras. Sementara tim tamu sendiri terlihat mengandalkan serangan balik yang cepat.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger, pun memasukan Thomas Rosicky dan Olivier Giroud di pertengahan babak ini untuk menambah daya gedor skuadnya. Perubahan itu hampir saja membuahkan hasil jika bola tendangan Giroud menerima umpan Walcott tidak dapat ditahan dengan baik oleh Neuer pada menit ke-72.

Namun, lagi-lagi barisan belakang Arsenal kurang konsentrasi ketika mengawal para bomber Bayern. Berawal dari aksi Robben di lapangan tengah. Ia kemudian memberikan umpan kepada Philipp Lahm yang langsung mengirimkan bola ke kotak penalti. Dengan cepat Mandzukic pun menyerobot bola umpan itu untuk kembali memperlebar jarak menjadi 3-1 untuk timnya.

Arsenal sempat mendapatkan hadiah tendangan bebas pada menit-menit akhir pertandingan, yang berujung kepada tendangan Cazorla dari sisi kiri lapangan. Namun, bola tendangannya tersebut masih dapat diblok barisan belakang Bayern. Skor 3-1 untuk Bayern pun bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Arsenal menguasai bola sebanyak 54 persen dan menciptakan delapan tembakan akurat dari 11 usaha. Adapun Bayern melepaskan delapan peluang emas dari 16 percobaan.

Susunan Pemain:
Arsenal (4-2-3-1):
1-Wojciech Szczesny, 3-Bacary Sagna, 4-Per Mertesacker, 5-Thomas Vermaelen, 6-Laurent Koscielny, 8-Mikel Arteta, 10-Jack Wilshere, 14-Theo Walcott, 16-Aaron Ramsey (7-Thomas Rosicky 70), 19-Santi Cazorla, 9-Lukas Podolski (12-Olivier Giroud 72).
Pelatih: Arsene Wenger.

Bayern (4-5-1): 1-Manuel Neuer, 4-Dante, 5-Daniel Van Buyten, 21-Philipp Lahm, 7-Franck Ribery (10-Arjen Robben 63), 8-Javi Martínez, 25-Thomas Muller, 27-David Alaba, 31-Bastian Schweinsteiger, 39-Toni Kroos (30-Luis Gustavo 73), 9-Mario Mandzukic.
Pelatih: Jupp Heynckes.

Wasit: Svein Oddvar Moen (Norwegia).

Sumber: kompas.com

Biaya hidup di 10 kota ini termahal sejagat

|0 komentar

Biaya hidup di 10 kota ini termahal sejagat

Tim majalah asal Inggris the Economist yaitu Economist Intelligence Unit (EIU) telah melakukan survei pada 50.000 responden di seluruh dunia mengenai biaya hidup. Tim tersebut menggunakan indeks 100 sebagai patokan yang diambil dari standar hidup di New York.

The Economist telah menggunakan beberapa barang sebagai standar biaya hidup di kota-kota seluruh dunia. Di antaranya adalah 400 produk individu dan 160 produk jasa.

Survei tersebut telah menghasilkan 10 kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia dan 10 kota dengan biaya hidup paling murah di dunia.

Hasilnya, dua kota di Jepang dan Australia masuk dalam 10 besar kota dengan biaya hidup termahal. Selain itu, survei tersebut menghasilkan data bahwa beberapa kota di Asia mengalami kenaikan biaya hidup, bahkan melebihi kota-kota di Eropa.

Berikut merdeka.com menyajikan beberapa harga yang menjadi standar survei di 10 kota dengan biaya hidup paling mahal menurut EIU.

1. Tokyo, Jepang

Meskipun Jepang telah mengalami pelemahan Yen tahun ini, harga-harga kebutuhan pokok di kota ini tidak juga turun. Tokyo berhasil meraih predikat kota dengan biaya hidup paling mahal di dunia dengan indeks 152. Artinya, harga-harga kebutuhan pokok di Tokyo 52 persen lebih mahal dibanding New York.

Biaya hidup di 10 kota ini termahal sejagat

Menurut EIU, harga satu kilogram roti di Tokyo saat ini mencapai USD 9,06 atau sekitar Rp 87.537. Sementara harga satu botol wine mencapai USD 15,95 atau Rp 154.108. Harga rokok bermerek mencapai USD 5,57 atau Rp 53.817 dan satu liter bahan bakar dijual USD 1,97 atau Rp 19.034.

2. Osaka, Jepang

Osaka menjadi kota termahal kedua dengan indeks 146. Harga beberapa barang antara lain:

1 Kilogram roti: USD 7,94 atau Rp 76.716

Satu botol wine: USD 17,55 atau Rp 169.598

Satu bungkus rokok bermerek: USD 5,57 atau Rp 53.817

Satu liter bahan bakar: USD 1,96 atau Rp 18.937

3. Sydney, Australia

Sydney menempati peringkat ketiga dengan indeks 137.

Biaya hidup di 10 kota ini termahal sejagat

Lima tahun yang lalu, bahkan tidak ada satu kota pun dari Australia berada pada 10 besar kota dengan biaya hidup paling mahal sejagat. Beberapa indikator harga antara lain:

1 Kilogram roti: USD 5,03 atau Rp 48.599

Satu botol wine: USD 25,38 atau Rp 245.221

Satu bungkus rokok bermerek: USD 15,48 atau Rp 149.567

Satu liter bahan bakar: USD 1,5 atau Rp 14.493

4. Oslo, Norwegia

Kota di bagian utara Eropa ini menempati posisi keempat dengan indeks 136. Berikut beberapa indikator harga di kota asal Jostein Gaarder tersebut:

1 Kilogram roti: USD 6,31 atau Rp 60.967

Satu botol wine: USD 17,58 atau Rp 169.857

Satu bungkus rokok bermerek: USD 15,24 atau Rp 147.248

Satu liter bahan bakar: USD 2,61 atau Rp 25.217

5. Melbourne, Australia

Melbourne merupakan kota kedua di Australia yang masuk peringkat 10 besar kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Melbourne mempunyai indeks 136. Berikut beberapa indikator harga di kota tersebut:

1 Kilogram roti: USD 4,87 atau Rp 47.053

Satu botol wine: USD 25,03 atau Rp 241.839

Satu bungkus rokok bermerek: USD 15.72 atau Rp 151.886

Satu liter bahan bakar: USD 1,49 atau Rp 14.396

6. Singapura

Singapura adalah satu-satunya negara ASEAN yang masuk dalam jajaran 10 besar dengan indeks 135. Berikut beberapa harga barang yang menjadi indikator:

1 Kilogram roti: USD 3,25 atau Rp 31.401

Satu botol wine: USD 25,65 atau Rp 247.830

Satu bungkus rokok bermerek: USD 9,76 atau Rp 94.301

Satu liter bahan bakar: USD 1,74 atau Rp 16.811

7. Zurich, Swiss

Zurich pada tahun 2012 menyandang gelar kota yang biaya hidupnya paling mahal. Kini, kota ini turun enam peringkat dengan indeks 131. Berikut beberapa indikator harga barang di kota tersebut:

1 Kilogram roti: USD 6.08 atau Rp 58.744

Satu botol wine: USD 16,74 atau Rp 161.741

Satu bungkus rokok bermerek: USD 8,32 atau Rp 80.387

Satu liter bahan bakar: USD 2,01 atau Rp 19.420

8. Paris, Prancis

Paris masuk dalam jajaran teratas ini dengan indeks 128. Berikut beberapa harga barang yang menjadi indikator di kota tersebut:

1 Kilogram roti: USD 8,95 atau Rp 86.474

Satu botol wine: USD 9,45 atau Rp 91.305

Satu bungkus rokok bermerek: USD 8,1 atau Rp 78.262

Satu liter bahan bakar: USD 2,38 atau Rp 22.995

9. Caracas, Venezuela

Kota di negara Hugo Chavez ini baru kali ini masuk dalam daftar 10 kota berbiaya hidup termahal sejagat dengan indeks 126. Berikut beberapa harga barang yang menjadi indikator:

1 Kilogram roti: USD 9,4 atau Rp 90.882

Satu botol wine: USD 18,14 atau Rp 175.268

Satu bungkus rokok bermerek: USD 7,3 atau Rp 70.532

Satu liter bahan bakar: USD 0,02 atau Rp 193

10. Jenewa, Swiss

Jenewa merupakan kota kedua di Swiss yang mempunyai biaya hidup termahal sejagat dengan indeks 124. Berikut beberapa harga barang yang menjadi indikator:

1 Kilogram roti: USD 5,63 atau Rp 54.397

Satu botol wine: USD 8,19 atau Rp 79.131

Satu bungkus rokok bermerek: USD 8,32 atau Rp 80.387

Satu liter bahan bakar: USD 2,04 atau Rp 19.710

Sumber : merdeka.com

Senin, 18 Februari 2013

Tips memenuhi nutrisi penting saat hamil

|0 komentar

Tips memenuhi nutrisi penting saat hamil

Ilustrasi ibu hamil makan. ©Shutterstock.com/Oleynikova Anna

Orang hamil harus makan untuk dua orang. Ini adalah saran yang paling sering diutarakan pada ibu hamil. Namun saran ini tak selalu benar. Yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah nutrisi penting, bukan kuantitas makanan untuk dua orang.

Dr Shilpa Mittai, ahli nutrisi dan konsultan diet memberikan beberapa tips yang harus diperhatikan ketika wanita hamil. Menurutnya, wanita hamil membutuhkan 300 Kcal ekstra kalori, ekstra protein 15 gram, ekstra protein 600 miligram ekstra kalsium, dan 8 miligram ekstra zat besi.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ibu hamil adalah berikut ini, seperti dilansir oleh Health Me Up (18/02).

- Karena sering merasa mual, wanita hamil pasti tak bisa makan secara penuh. Jadi penting agar ibu hamil makan porsi yang lebih kecil secara berkali-kali.

- Konsumsi nutrisi yang berkualitas seperti protein, kalsium, riboflavin, dan tambahkan makanan sehat lain seperti susu, kecambah, dan buah-buahan.

- Jika ibu hamil tidak vegetarian ada baiknya mengonsumsi telur, ikan, atau daging ayam dua kali seminggu.

- Konsumsi tiga mangkuk salad setiap hari. Utamakan yang berdaun hijau. Jika bisa, akan sangat baik apabila ibu hamil mengonsumsi satu porsi salad setiap harinya.

- Untuk jenis buah-buahan, pilih pisang, satu jenis buah asam seperti jeruk atau lemon, serta satu buah musiman.

- Konsumsi juga sereal yang mengandung biji-bijian dan gandum utuh.

Itulah beberapa tips penting untuk memenuhi nutrisi wanita selama masa kehamilan. Dengan nutrisi yang terpenuhi, ibu hamil bisa tetap sehat, pertumbuhan si buah hati juga tak terhambat.

Sumber : merdeka.com

Minggu, 17 Februari 2013

Daging Kuda Boleh Dimakan Tidak?

|0 komentar
Daging Kuda Boleh Dimakan Tidak?

Skandal daging kuda sedang marak di Eropa. Gara-garanya ada supermarket yang menjual daging kuda dengan memakai label daging sapi. Sebenarnya layakkah daging kuda dimakan manusia?

Maraknya daging kuda pada beberapa makanan seperti burger dan sebagainya di Eropa dan Amerika membuat kekhawatiran.
Pada 10 Januari 2013, sekitar 27 toko burger yang dijual di Irlandia positif menggunakan daging kuda.

Sementara itu, laporan dari Inggris mengatakan kalau sejumlah kuda mati dan di Prancis juga dilaporkan kalau bangkai kuda sudah masuk beberapa wilayah di Prancis.

Saat ini Komisi kesehatan di Eropa melakukan pengujian terhadap daging sapi yang dijual di Inggris. Karena menurut catatan, beberapa restoran sebagian kukuh kalau daging yang digunakan adalah sapi bukan kuda. Dan setelah diuji DNA, hasilnya memang kebanyakan daging kuda.

Menurut beberapa kalangan, kuda merupakan salah satu hewan yang dekat dengan manusia dan tidak pantas dimakan, tapi menurut masyarakat lain daging kuda justru enak rasanya.

Menurut psikiater, boleh tidaknya daging kuda dimakan hanya perbedaan masalah budaya saja.

Kontroversi ini membuat masyarakat di Eropa dan Amerika khawatir karena kebiasaan masyarakat yang senang makan burger, steak dan makanan lainnya.

Sebenarnya, menurut ahli nutrisi makan daging kuda tidak jadi masalah karena semua daging pada dasarnya merupakan sumber protein.

"Seperti daging kerbau, daging kuda cenderung memiliki lebih banyak otot, sehingga memiliki sedikit lemak dan protein yang cukup tinggi dan tinggi akan zat besi," kata Martha McKittrick, ahli gizi di New York seperti dilansir Foxnews, Senin (18/2/2013).

Seorang ahli diet, Esther Blum juga mengatakan kalau daging kuda bisa dijadikan alternatif dan jauh lebih baik daripada daging sapi.

Blum mengatakan kalau pestisida yang termakan oleh sapi, mengandung obesogen, senyawa kimia yang mengganggu sistem endokrin dan akhirnya menyebabkan obesitas. Sedangkan kuda hanya merumput jadi tidak mengandung obesogens yang sama tapi kualitas daging sering tergantung dari bagaimana kuda diberi makan.

Meskipun daging kuda masih terdengar aneh bagi kebanyakan orang di Amerika, daging kuda dijual dan dikonsumsi di banyak negara di seluruh dunia.

Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian dunia (FAO), Cina merupakan salah satu konsumen terbesar daging kuda, karena penduduk sering membuat daging kuda untuk sosis atau teman hidangan nasi dan mie. FAO memperkirakan kalau Kazakhstan merupakan konsumsi daging kuda kedua terbesar di dunia.

Beberapa negara juga menganggap kalau rasa daging kuda sama lezatnya dengan daging sapi. Di Indonesia, daging kuda diolah dan dimasak, salah satunya berasal dari daerah Sulawesi. Karena daging sapi yang mahal, penduduk sekitar seringkali hanya makan daging kuda yang direbus saja atau dijemur dan dijadikan dendeng.

Saat ini, di Oklahoma, California dan Mississippi menetapkan daging kuda dilarang keras untuk dikonsumsi manusia. Pemerintah setempat tidak menginginkan penindasan kuda. Seperti halnya di Texas, sejak tahun 1949 pemerintahnya juga melarang penjualan daging kuda untuk konsumsi.

"Ini hanya persepsi masyarakat yang menganggap daging kuda tabu pada suatu budaya tertentu. Seperti halnya Seekor anjing adalah teman terbaik manusia, dan bagaimana bisa Anda makan teman terbaik manusia? Tidak seorang pun berpikir tentang sapi sebagai makanan pendamping," kata Dr Dale Archer, psikiater bersertifikat Fellow Distinguished American Psychiatric Association.

Sumber : liputan6.com

Mantan Panglima ABRI Faisal Tanjung meninggal dunia

|0 komentar
Mantan Panglima ABRI Feisal Tanjung meninggal dunia
Faisal Tanjung. wordpress.com

Kabar duka datang dari kalangan TNI. Mantan Panglima ABRI 1993-1998 Jenderal Purnawirawan Faisal Tanjung meninggal dunia pagi ini dalam usia 73 tahun.

"Tadi pagi sekitar pukul 06.25 WIB, di Rumah Sakit Siloam, Jakarta," kata Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Laksda TNI Iskandar Sitompul yang dikonfirmasi merdeka.com, Senin (18/2).

Menurut Iskandar, Faisal meninggal karena sakit. "Beliau sudah lama pensiun. Sakit karena usia sudah lanjut," ujarnya.

Sekitar pukul 06.45 WIB, jenazah telah dibawa ke rumah duka di kawasan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

"Pemakaman siang ini di Taman Makam Pahlawan Kalibata setelah salat zuhur," kata Iskandar.

Faisal Tanjung lahir di Tarutung, Tapanuli Utara, Sumatera Utara, 17 Juni 1939. Faisal Tanjung merupakan salah seorang perwira ABRI yang memegang jabatan Panglima tanpa melalui jenjang kepala staf.

Nama Faisal mulai menjadi pembicaraan hangat setelah memimpin DKP (Dewan Kehormatan Perwira) untuk tragedi Santa Cruz di Timor Leste tahun 1991.

Setelah pensiun dari TNI, Faisal sempat menjadi Menko Polkam di era terakhir masa kepemimpinan Presiden Soeharto dan berlanjut di masa Presiden BJ Habibie.

Sumber : merdeka.com

Sampai Kapan Bambang Widjojanto Menjegal Abraham Samad?

|0 komentar

JAKARTA-Nampaknya, Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto tetap menganggap Abraham Samad sebagai rivalitas (pesaing) dalam pimpinan KPK. Akibatnya, Bambang terkesan 'menganjal' setiap inisiatif Abraham agar Ketua KPK itu tidak berhasil mulus sehingga tidak jadi popular di masyarakat.

"Saya melihat Bambang Widjojanto merasa jadi rival atau pesaing Abraham Samad. Ini buntut tidak legowo di persaingan di fit and proper test DPR lalu. Bambang merasa lebih pintar dan lebih senior darri Abraham. Akibat egoisme Bambang ini, dia tidak mau Abraham popular. Akibatnya, Bambang ambisi keepentingan pribadi ketimbang tuntutan public terhadap KPK untuk tuntaskan korupsi kakap terutama skandal Century," duga pengamat Universitas Nasional (Unas) Tubagus Januar Soemawinata di Jakarta, Rabu (26/12/2012).

Januar menilai, Bambang Widjojanto nampaknya tidak mendukung tekad Abraham Samad untuk menuntaskan kasus Century dalam waktu setahun kerja KPK. Menurutnya, sikap Bambang tidak senang terhadap tekad Abraham menuntaskan skandal Century ini  terlihat saat Bambang tampil di sebuah acara televisi swasta tadi malam.

"Yakni, ketika Bambang didesak pertanyaan mengapa KPK belum juga menuntaskan Century, padahal tahun 2012 hampir habis? Lha kok Bambang malah menyalahkan Abraham, dengan 'lempar batu sembunyi tangan' mengatakan bahwa yang janji setahun tuntaskan Centry adalah Abraham. Mestinya Bambang harus bijak dengan cukup mengatakan bahwa KPK tetap akan usut Century meninddaklanjuti pernyataan Abraham," tutur mantan aktivis ini.

Dengan ucapan berkilah Bambang tersebut, lanjutnya, Bambang terkesan tidak senang tehadap Abraham sehingga ada ketidakkompakan di jajaran pimpinan KPK.  "Mungkin Bambang tidak suka kalau Abraham berhasil menuntaskan Century sehingga Abraham namanya popular seperti Antasari Azhar. Sebaliknya, Bambang akan kalah populer dari Abraham. Inilah yang membuat KPK terancam keropos dan hanya jalan di tempat dalam mengusut kasus Century," tukas Januar.

Apalagi, sambung dia, kalau Bambang sengaja 'menjegal' Abraham dengan melama-lamakan pengusutan kasus Century sehingga Abraham gagal memenuhi janjinya sehingga harus mundur jika tak bias tuntaskan Century dalam waktu setahun. "Bisa jadi Bambang puas kalau Abraham sudah bisa dikalahkannya," tandas pengamat Unas.

"Saya lihat pimpinan KPK saat ini yang berani mati berantas korupsi hanya Abraham Samad. Saya pun menduga B usyro Muqoddas enggan mengusut kasus yang libatkan kekuasaan karena takut di-Antasari-kan. Saya juga curiga jangan-jangan Busyro pula yang 'menyelaamatkan' Anas Urbaningrum karena sesame alumni HMI," tandas Januar.

Ia pun menyesalkan pernyataan Wakil Ketua KPK Adnan Pandu Praja yang mengatakan bahwa mantan Gubernur Bank Indonesia Boediono tidak terkait kasus Century. "Karena diganjal oleh para pimpinan KPK lainnya, Abraham jadi keteteran bekerja sendirian. Apalagi, Polri terkesan melemahkan KPK dengan manarik penyidiknya," ungkap Januar.

Oleh sebab itu, pihaknya menyerukan kepada kalangan aktivis/mahasiswa agar melakukan demo untuk mendesak para wakil ketua KPK supaya mendukung Abraham Samad berantas korupsi kakap termasuk yang libatkan jaringan kekuasaan.

"Para wakil ketua KPK jangan bermain untuk kepentingan sendiri dan jangan menganggap Abraham Samad sebagai rival. Lebih konyol lagi kalau wakil ketua KPK cari aman dan 'bermain' sendiri dengan lakukan 'kolusi' bersama keekuasaan!" seru Januar.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Bambang Widjajanto mundur dari penanganan kasus Century. Bambang beralasan untuk menghindari conflict of interest, karena dirinya pernah menjadi pengacara dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). "Ya karena alasan itu, Pak Bambang memutuskan tidak memberi suara," kata Jurubicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi, bulan lalu.

Akhirnya, Januar berharap kepada Bambang Widjojanto dan wakil ketua KPK lalinya agar tetap kompak mendukung Ketua KPK Abraham Samad untuk menghabisi koruptor yang sudha menggila dan menggurita di negeri bedebah ini. "Rakyat sudah muak dengan korupsi, para wakil ketua KPK jangan bertahan dengan egonya sendiri, mengabaikan tugas pokoknya melibas korupsi. Ingat! rakyat sudah muak dengan korupsi di negeri ini. KPK bisa jadi pengalihan kemarahan akyat jika taks erius berantas korupsi," bebernya.

Sumber

Bambapuang, Tebing Terjal Penuh Pesona Incaran Pemanjat Tanah Air

|0 komentar


Bambapuang adalah nama salah satu desa dimana tebing Bambapuang berada, secara administrative, Desa Bambapuang berada dalam wilayah Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Kondisi geografis Bambapuang adalah wilayah pegunungan yang didominasi oleh hamparan batu gamping yang membentuk bukit-bukit terjal.

Ketinggian wilayah bervariasi berkisar 1000-1100 mdpl. Pengaruh ketinggian ini merupakan salah satu peyebab cuaca yang relative dingin di Bambapuang seperti halnya daerah ketinggian lainnya di Enrekang.

Kalangan penggiat alam terbuka lebih mengenal daerah ini karena keberadaan Gunung bambapuang (1100 mdpl) utamanya para pemanjat tebing, Karena pada bagian selatan gunung Bambapuang terdapat tebing dengan ketinggian rata-rata 80-150 meter. Bahkan keberadaannya telah telah menjadi kiblat kegiatan panjat tebing yang datang dari penjuru tanah air. Tercatat lebih dari 30 tim telah mendatangi tempat ini.

Gunung Bambapuang adalah rangkaian dari hamparan batu gamping Formasi Makale dan Toraja yang memanjang dari selatan ke utara. Daerah penyebaran batuan mulai dari Enrekang sampai ke Tana Toraja. Selain sebagai daerah yang diminati kalangan petualang, Panorama alam yang dimiliki Bambapuang merupakan salah satu daya tarik tersendiri sehingga banyak orang mengunjungi tempat ini untuk tujuan berlibur atau rekreasi.

Obyek wisata alam yang ditawarkan berupa pemandangan aliran sungai Sa'dang disebelah barat dan pemandangan Buntu Kabobong di bagian timur yang dapat dinikmati bebas dari puncak Bambapuang. Untuk keperluan wisata, pendakian Bambapuang biasanya melewati jalur utara, waktu tempuh sekitar 2 jam dari Dusun Kasambi yang berada tepat di kaki Gunung Bambapuang.

Lereng-lereng disekitar Bambapuang pada umumnya dimanfaatkan penduduk setempat sebagai lahan pertanian. Komoditi unggul yang dibudidayakan petani setempat adalah tanaman hortikultura seperti kentang, Lombok, bawang, jagung, kacang tanah, dan buah-buahan seperti papaya, jeruk, rambutan dll.

Sebelah selatan Bambapuang terdapat Dusun Kotu yang merupakan perkampungan terdekat untuk mengakses tebing bagian selatan Bambapuang. Dasar tebing dapat diakses dari Dusun Kotu dengan berjalan kaki berupa jalan setapak sejauh 3 kilometer. Pada musim kemarau, jalanan dapat dilewati kendaraan roda dua (motor).

Lokasi Tebing Bambapuang dapat diakses dengan Mobil Bus dari Makassar-Enrekang melewati beberapa Kabupaten yaitu : Maros, Pangkep, Barru, Kota Madya Pare-Pare, dan Sidrap, Waktu tempuh rata-rata 6-7 jam samapi Dusun Kotu Desa bambapuang Kabupaten Enrekang. Dusun Kotu berada pada jalur poros Enrekang menuju Tana Toraja. (berbagai sumber/dra)

Sumber Artikel: http://himpalaunas.com
Foto: enrekang.com

Kawasan Purba ‘Bukit Seks’ yang Terabaikan

|0 komentar
13367483721759626422

Inilah Bukit Seks Buttu Kabobong di ceruk Bambapuang/Ft: Mahaji Noesa

Bagi mereka yang sudah pernah berwisata ke destinasi Toraja, Sulawesi Selatan, menyusuri jalan darat melintasi Kabupaten Enrekang, sudah pasti punya kenangan dengan Bukit Seks.

13367408291485741578

Salah satu keindahan bukit purba di ceruk Bambapuang/Ft: Mahaji Noesa

Setiap pelancong atau wisatawan mancanegara yang melintasi jalur ini umumnya terlihat tak pernah melewati keindahan serta keunikan bukit yang menyerupai bentuk kelamin wanita di kilometer 18 dari Kota Enrekang, ibukota Kabupaten Enrekang tersebut.

Selain menyaksikan langsung atau membuat potret kenang-kenangan dengan latar gunung berbentuk V yang ukurannya sekitar 60 juta kali lebih besar dari bentuk aslinya, di lokasi ini dapat disaksikan panorama indah barisan pegunungan dalam beragam bentuk sejauh mata memandang.

Bukit Seks yang dalam sebutan bahasa daerah Enrekang dinamai 'Buttu Kabobong' (Berarti: Gunung V) tersebut, sebenarnya hanya merupakan bagian kecil dari banyak bentuk unik dan menawan gunung purba yang ada di wilayah Kabupaten Enrekang.

Hanya saja Bukit Seks ini yang senantiasa mendapat perhatian lantaran dapat dipandang lansung dari tepian jalan poros Enrekang – Toraja. Tepatnya, berada di barisan bukit yang menjadi bagian dari Kawasan Timur Enrekang (KTE). Barisan perbukitan yang merupakan bagian dari kaki Gunung Latimojong (kl. 3.478 dpl) yang berada di Karangan, Desa Latimojong Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang.

Di kaki perbukitan KTE berketinggian antara 400 hingga 3.000-an dpl inilah terletak Kecamatan Baraka, Kecamatan Bungin, Kecamatan Curio, Kecamatan Malua, dan Kecamatan Maiwa sebagai daerah penghasil tanaman perkebunan berupa kopi, cengkeh, vanili, padi, serta beragam jenis sayur-mayur dan buah-buahan. Hasilnya tak hanya disuplai untuk kebutuhan Sulawesi Selatan, tapi juga untuk provinsi lain di Pulau Sulawesi seperti ke Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. Bahkan diantarpulaukan ke Kalimatan, Maluku dan Papua.

1336740945270712418

Salah satu bukit dengan ornamen alam bagian dinding Kawasan Barat Enrekang/Ft: Mahaji Noesa

Sedangkan poros jalan Negara menghubungkan Kota Enrekang hingga ke Salubarani – gerbang masuk Kabupaten Tana Toraja sepanjang kl.48 km merupakan lokasi Kawasan Barat Enrekang (KBE) dengan ketinggian 200 800 dpl, meliputi Kecamatan Anggeraja, Kecamatan Alla, Kecamatan Enrekang, dan Kecamatan Cendana.

Di pertemuan kaki bukit antara Kawasan Timur dan Kawasan Barat Enrekang ini terdapat ceruk, berupa jurang dengan lebar bervariasi 2 hingga 5 km dan kedalaman 400 hingga 800 meter dari muka jalan negara poros Enrekang – perbatasan Tana Toraja. Di bawahnya mengalir sejumlah sungai, seperti Sungai Mata Allo yang selama ini menjadi sumber air utama bagi irigasi persawahan dua daerah andalan penghasil tanaman padi di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap) dan Kabupaten Pinrang.

Ceruk inilah yang dikenal dengan sebutan Kawasan Wisata Bambapuang dengan latar keindahan gunung-gunung purba dengan ornamen-ornamen alam unik di antara dinamika kehidupan keseharian masyarakat petani pegunungan.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Enrekang merupakan salah satu dari lima kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan yang tidak berbatasan dengan laut. Dengan luas wilayah 1.786,01 km2, sekitar 85 persen wilayah Enrekang merupakan bukit yang mempunyai kemiringan bervariasi 15 derajat hingga curam.

1336741105534440580

Prof.T.C.M.George IS di teras Villa Bambapuang dengan latar keindahan gunung Kawasan Bambapuang/Ft: Mahaji Noesa

Meskipun, ceruk Bambapuang yang sudah puluhan tahun dikagumi keindahan alamnya sampai ke mancanegara, namun sampai sekarang belum ada patokan baku batas area yang masuk kawasan tersebut. Ada yang menyebut luasannnya meliputi areal 680 km2, dihitung mulai dari Kampung Kotu (Km 14), Desa Bambapuang, Kecamatan Anggeraja hingga Salubarani (Km 48), perbatasan Enrekang – Toraja. Dengan lebaran kawasan dari batas jalan Negara poros Enrekang – perbatasan Toraja hingga 20 km ke arah timur.

Berulangkali Prof. T.C.M. George IS ketika ditemui nginap di Villa Bambapuang (berhadapan langsung dengan Gunung V) setelah selama dua hari berkeliling di kawasan ini, menyatakan kekaguman terhadap keindahan panorama kealamiaan gunung-gunung batu di Kawasan Bambapuang.

''Kawasan ini jika dikelola dengan baik tidak kalah menarik dengan kawasan wisata Grand Canyon dan barisan bukit Sierra yang menyedot kunjungan puluhan juta wisatawan mancanegara setiap tahun di Benua Amerika,'' katanya.

Alumni Reflexology dari daratan Cina ini menyatakan, Kawasan Bambapuang punya kelebihan lantaran di kaki serta ceruk gunung-gunung batunya berlangsung kehidupan masyarakat dengan aktivitas pertanian. Tidak seperti di kawasan Grand Canyon dan bukit Sierra yang gersang dari aktivitas kehidupan.

Sebenarnya, di awal tahun 2000-an saat kepemimpinan Bupati Enrekang Muh.Iqbal, sudah pernah ada pembuatan rancangan design pengembangan Kawasan Wisata Bambapuang seluas kl.20 x 48 km. Bahkan dia sudah merintis pembukaan jalanan di KTE. Dimaksudkan, agar para pelancong dapat menikmati keindahan ceruk Bambapuang dengan bukit-bukit batunya yang indah yang membentang di KBE.

13367413271721076579

Bukit Serambi Mayat yang ceper di Tontonan, Enrekang/Ft: Mahaji Noesa

Ada rencana ketika masuk kawasan ini, para pelancong dari arah Makassar ke Toraja, menyusuri jalan yang ada sekarang. Melalui poros ini disaksikan keindahan alam ceruk dan gunung-gunung batu di KTE. Sedangkan jika balik dari Toraja melalui jalan keluar yang dibangun di Kawasan Timur Enrekang untuk meinkmati keindahan alam ceruk dan gunung-gunung batu yang ada di Kawasan Barat Enrekang (KBE). Sayang sekali, dalam kepemimpinan Bupati Enrekang selanjutnya, pengembangan jalan di KTE tersebut tidak berlanjut.

Bahkan, sudah didesign semacam pembangunan pelataran-pelataran untuk memandang view di Kawasan Bambapuang. Ceruk di antara bukit KTE dan KTB direncanakan dibangun fasilitas wisata seperti skylift, pengembangan olahraga gantole (terbang layang), kawasan perkemahan, trikking, jogging, tangga seribu untuk turun-naik lembah, fasilitas arung jeram di sungai Mata Allo serta fasilitas wisata lainnya. Tujuannya, tak hanya sebatas ingin memuaskan pelancong menikmati keindahan Kawasan Bambapuang dengan aman dan nyaman. Tetapi juga lebih utama, para pelancong atau wisatawan ke Toraja tidak hanya melewati kawasan ini, tetapi juga dapat menjadikan sebagai Daerah Tujuan Wisata menikmati keindahan gunung, lembah dan jurang yang terbentang sepanjang mata memandang di Kawasan Bambapuang.

1336741437952854694

Gunung Bambapuang dilihat dari poros jalan masuk ke Kotu/Ft: Mahaji Noesa

Dengan begitu, keindahan alam kawasan ini pun diharapkan dapat memberi manfaat peningkatan ekonomi bagi masyarakat dan khususnya daerah Kabupaten Enrekang. Tidak seperti selama ini, Kawasan Bambapuang hanya dilintasi begitu saja oleh para pelancong, lantaran tak memiliki fasilitas wisata untuk wisatawan nginap dengan rasa aman dan nyaman.

''Tak hanya siang hari, di udaranya yang sejuk malam hari kawasan ini pun dapat hidup apabila didesign sedemikian rupa dengan memanfaatkan bantuan teknologi solar sell untuk malam hari. Kawasan Bambapuang ini jika ditata dengan baik bukan tidak mungkin ke depan akan dapat berkembang sebagai Sierra Khatulistiwa karena panorama bentang alamnya yang tiada duanya di dunia,'' komentar Prof. George yang mengaku sudah berkeliling ke sejumlah kawasan wisata yang menyajikan panorama gunung-gunung batu di dunia.

Kawasan Bambapuang, tentu saja, termasuk bagian dari hamparan bukit karts seluas kl.145.000 km persegi yang ada di Indonesia. Hanya saja tidak semua bukit yang ada di kawasan ini merupakan bukit batu gamping. Sebagian besar, seperti yang dapat dilihat secara kasat mata merupakan bukit batu cadas. Banyak bukit dengan beragam bentuk dan ornamen alamnya yang indah, sejak dulunya plontos tidak dihidupi tumbuhan tetapi di bagian tertentu menghijau.

Lantaran posisinya yang curam hingga tegak 90 derajat, banyak bukit di Kawasan Bambapuang sejak masa purba hingga saat ini belum pernah dijamah manusia dari kaki hingga puncaknya. Bukit Tontonan di Kelurahan Tanete Kecamatan Anggeraja, misalnya. Salah satu bagian dindingnya seluas kl. 4 hektar tegak lurus menjulang langit bagai dinding sebuah bangunan raksasa.

Ditemukannya banyak situs berupa gua-gua jejak kehidupan masa lalu di Kawasan Bambapuang, membuktikan bahwa gunung-gunung batu di lokasi ini juga merupakan gunung-gunung purba. Contohnya seperti gua Loko' Malillin Desa Pana Kecamatan Alla, Loko' Tappaan di Desa Limbuang dan Loko' Palakka di Desa Palakka Kecamatan Maiwa, serta Loko' Bubau di Desa Pana Kecamatan Alla.

Banyak pecinta alam yang sudah berpetualang di sini menyebut Kawasan Bambapuang sebagai 'Negeri Seribu Gua' lantaran hampir semua gunung batu memiliki gua yang menyimpan adanya tanda-tanda sebagai tempat hunian manusia purba. Antara gua yang satu dengan lainnya memliki pesona keindahan tersendiri dengan stalaktif dan stalagnit yang syurr….Termasuk banyak gua yang bagian mulutnya menjadi bagian dari limpahan air terjun. Di mulut gua Loko' Tappaan misalnya, terdapat air terjun setinggi 7 m.

Selain itu, dibalik keindahan serta keunikannya hampir semua bukit batu di Kawasan Bambapuang memiliki mitos yang hidup sampai sekarang. Gunung Bambapuang (1.021 dpl) di Kotu, Desa Bambapuang Kecamatan Anggeraja, dalam cerita rakyat setempat disebut dahulu puncaknya menjulang tinggi jauh tak terhingga ke arah langit. Itulah sebabnya, kemudian dinamai Gunung Bambapuang (Bhs.Enrekang berarti: Tangga para Dewa atau Tangga ke Langit).

Namun kemudian Tangga Langit ini patah ke arah utara Tana Toraja. Itulah sebabnya menurut cerita rakyat setempat, seperti yang terlihat sekarang semua puncak gunung di Kawasan Bambapuang mengarah ke arah utara sesuai arah jatuhnya patahan Gunung Bambapuang. Penyebab gunung ini runtuh, ceritanya, karena terjadi cinta incest atau hubungan sedarah kakak-adik di kaki bukit tersebut.

Mitos runtuh atau patahnya Gunung Bambapuang dalam cerita rakyat yang masih hidup sampai sekarang disebut dalam bahasa daerah setempat sebagai peristiwa Lettomi Erang di Langi. Ketika Gunung Bambapuang patah, penduduk atau hewan yang lari meninggalkan lokasi saat Bambapuang patah, apabila menengok ke arah belakang seketika berubah menjadi batu. Dalam mitosnya, itulah sebabnya batu-batuan di Kawasan Bambapuang yang sampai sekarang masih terlihat bentuknya banyak yang menyerupai ujud manusia atau hewan.

Buttu Kabobong di Kawasan Bambapuang yang bentuknya seperti V berukuran super raksasa tersebut, dalam cerita rakyat disebut-sebut justru masa silam berfungsi sebagai stadion tempat pertemuan manusia purba. Sedangkan Bukit Tontonan yang ceper belakangan diistilahkan sebagai 'Serambi Mayat' lantaran di bagian bukit ada semacam alur yang berisi banyak keranda mayat purba terbuat dari kayu. Mayat-mayat itu tak ditanam, konon lantaran mereka tak ingin terjepit tanah. Ada gunung dinamai Bukit Sawa lantaran bentuk puncaknya berupa batu cadas bergelombang belang-belang bagai seekor Ular Sawa raksasa. Itulah sebagian dari banyak sekali mitos tentang gunung dan batu-batuan di Kawasan Bambapuang, Enrekang.

13367417061268499040

Panorama alam dengan latar gunung purba di poros Enrekang - Toraja/Ft: Mahaji Noesa

Sayangnya, bentang alam panorama gunung, jurang dan lembah di Kawasan Bambapuang kondisinya dari dulu sampai sekarang tidak pernah mendapat sentuhan serius untuk dipoles sebagai obyek Tujuan Wisata Andalan Sulawesi Selatan. Tanpa ada sentuhan khusus kawasan yang masih alamiah dan asri ini sebagai suatu destinasi wisata, bukan tidak mungkin kelak akan berubah fungsi.

Pasalnya, dalam perut bumi gunung-gunung di KTE maupun KTB sudah pernah dieksplorasi mengandung sejumlah barang tambang bernilai tinggi seperti marmer berwarna hitam, hijau dan putih, juga terdapat kandungan minyak tanah, batu bara, dan emas.


Sumber

Popular Posts